Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024

Cegah Hujan di Jakarta saat Malam Tahun Baru, BNPB Tabur 800kg Garam

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Setidaknya sebanyak 800 kilogram (kg) garam ditabur untuk mencegah terjadi hujan ekstrem di Jakarta saat malam tahun baru 2023, sebagaimana yang disampaikan oleh BMKG.

Plt Kepala Pusat Data, Informasi, dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari mengatakan, penaburan garam ke awan hujan atau yang biasa disebut teknologi modifikasi cuaca (TMC) itu dilakukan oleh dua pesawat Casa 212 yang dikemudikan pilot TNI AL.

“Menggunakan 800 kg NaCl (garam), akan tetapi bisa menyesuaikan dengan kebutuhan di lapangan,” kata Abdul Muhari dalam keterangannya yang dikutip Holopis.com, Sabtu (31/12).

Muhari menjelaskan, penaburan garam yang dilakukan agar awan hujan yang belum tumbuh besar itu bisa digugurkan menjadi hujan terlebih dahulu, sebelum berubah menjadi besar dan sampai di atas Jakarta dan sekitarnya.

“Begitulah cara ‘mengaborsi’ awan hujan. Air hujan dibikin tumpah duluan sebelum mencapai Jakarta dan sekitarnya,” kata Muhari.

“Wilayah penyemaian awan hujan di daerah-daerah pergerakan awan hujan yang menuju Jawa Barat dan Jabodetabek,” tambahnya.

Muhari mengatakan, pihaknya telah menyiapkan puluhan ton garam untuk satu hari. Apabila awan hujan yang ada lebih tebal, maka garam yang dibutuhkan semakin banyak.

“Stok per hari disiapkan lebih dari 30 ton,” kata Muhari.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Pasca Diresmikan Jokowi, PT JSN Lakukan Pengalihan Transaksi Gerbang Tol Colomadu

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Sehubungan dengan telah diresmikannya Jalan Tol Joga-Solo...

Lokasi Samsat Keliling di Jadetabek Hari Jumat 20 September

Lokasi Samsat Keliling di wilayah Jadetabek (Jakarta, Depok, Tangerang dan Bekasi), disiapkan Polda Metro Jaya di 14 lokasi, pada Jumat 20 September 2024.

Lokasi SIM Keliling Hari Jumat 20 September di Jakarta

Jadwal dan lokasi SIM Keliling di Jakarta, pada hari Jumat 20 September 2024 beroperasi di lima wilayah mulai pukul 08.00 – 14.00 WIB.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru