Sabtu, 21 September 2024
Sabtu, 21 September 2024

BMKG Catat Indonesia Diguncang Gempa 10.792 Kali Sepanjang 2022

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mencatat setidaknya sebanyak 10.792 kali gempa bumi mengguncang wilayah Indonesia sepanjang 2022 ini.

“Dari total gempa bumi yang terjadi selama 2022 itu, ada sebanyak 807 kali gempa yang dirasakan dan sebanyak 22 kali gempa yang merusak,” kata Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, Daryono dalam acara webinar yang dikutip Holopis.com, Jumat (30/12).

Daryono merinci, gempa merusak terjadi di Pulau Sumatera sebanyak lima kali, di Jawa sebanyak enam kali, Kalimantan satu kali, kemudian tiga kali di Sulawesi, Maluku-Maluku Utara tiga kali, dan Bali-Nusa Tenggara sebanyak empat kali.

Gempa Merusak
Daftar 22 gempa yang merusak sepanjang tahun 2022. [Foto : YT/Info BMKG]
Ia juga menyampaikan, bahwa sepanjang tahun 2022 ini telah terjadi dua kali gempa yang menyebabkan kematian, yakni gempa dengan magnitudo 6,3 di Pasaman Barat, Provinsi Sumatera Barat, dan gempa dengan magnitudo 5,6 di Kabupaten Cianjur, Provinsi Jawa Barat.

“Gempa Pasaman Barat M6,3 menyebabkan 25 orang meninggal dunia dan gempa Cianjur M5,6 menyebabkan 334 orang meninggal dunia,” katanya.

Daryono mengingatkan, bahwa langkah-langkah mitigasi sangatlah penting untuk dilakukan. Sebab, kata dia, gempa bumi merupakan fenomena alam yang sulit diprediksi kedatangannya.

Oleh Karena itu, ia mengatakan pihaknya telah melakukan upaya mitigasi tersebut dengan menambah jaringan seismograf untuk meningkatkan kapasitas pendeteksian gempa.

BMKG menempatkan tambahan satu seismograf di Jawa Timur, masing-masing dua seismograf di Sumatera dan Kalimantan, serta lima seismograf di Sulawesi.

“Saat ini BMKG mengoperasikan cukup banyak seismograf untuk memonitor gempa di Indonesia. Eksisting saat ini ada 438 seismograf,” kata Daryono.

Ke depan, yakni pada tahun 2023 nanti, BMKG akan membangun jaringan seismograf di 12 lokasi. Hal itu dilakukan demi mendapatkan hasil pengukuran gempa yang lebih tepat dan akurat.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Pemuda Dibekasi Diduga Setubuhi Anak Dibawah Umur Dengan Modus Konten Tiktok

HOLOPIS.COM, BEKASI - Pemuda 23 tahun berinisial 'FR' ditetapkan...

Kemenhub Dapat Tambahan Anggaran Senilai Rp6,69 Triliun Tahun 2025

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Republik Indonesia (RI) ...

Apakah Makan Es Bisa Membuat Gemuk?

Makan es, terutama dalam bentuk es krim atau dessert beku, sering kali menjadi camilan yang menyenangkan.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru