Sabtu, 21 September 2024
Sabtu, 21 September 2024

BNN : 91 Narkotika Baru Jenis NPS Teridentifikasi Ada di Indonesia

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Upaya Badan Narkotika Nasional (BNN) untuk perang terhadap narkoba terus dilakukan, terutama narkoba jenis baru yakni NPS (new psychoactive substances).

Kepala BNN, Komjen Pol Petrus Reinhard Golose mengatakan ada 1.150 jenis NPS diketahui beredar di beberapa negara di dunia. Petrus menambahkan, ada sebanyak 91 jenis NPS yang teridentifikasi tersebar di Indonesia.

“Sepanjang tahun 2022, terdapat 360 sampel NPS yang telah diuji di pusat laboratorium narkoba BNN. Hingga saat ini, jumlah NPS yang beredar di dunia 1.150 jenis,” ungkap Petrus saat konferensi pers yang dikutip Holopis.com, Jumat (30/12).

“Sedangkan di Indonesia 91 jenisnya teridentifikasi, yang mana 85 jenis sudah diatur dalam Permenkes RI Nomor 36 Tahun 2022 dan 6 lainnya belum,” sambungnya.

Sebagai informasi dari laman Alcohol and Drug Foundation, NPS merupakan jenis narkoba yang didesain mirip dengan narkoba yang beredar luas selama ini. Seperti kokain, ekstasi, heroin, hingga Lysergic Acid Diethylamide (LSD).

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Menhan Prabowo Pantau Langsung Proses Pembebasan Pilot Susi Air

Proses pembebasan pilot Susi Air Kapten Philip Mark Mehrtens mendapatkan pengawasan penuh dari pemerintah, khususnya Menteri Pertahanan Prabowo Subianto.

Kapten Philip Mehrtens Diterbangkan ke Jakarta

Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan III Letnan Jenderal TNI Bambang Trisnohadi menyampaikan bahwa pihaknya tengah menerbangkan pilot maskapai penerbangan Susi Air, Kapten Philip Mark Mehrtens yang telah berhasil diselamatkan dari tangan KKB Papua.

Masyarakat Sumbar Penuhi Karangan Bunga Ucapan di Polres Pariaman

HOLOPIS.COM, PADANG - Masyarakat Sumbar ramai-ramai memberikan karangan bunga...
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru