HOLOPIS.COM, JAKARTA – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi adanya potensi cuaca ekstrem yang akan mengguyur wilayah Jabodetabek (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi) pada Jumat (30/12) besok.

Kepala BMKG, Dwikorita Karnawati memastikan potensi cuaca ekstrem menjelang pergantian tahun itu bukan badai, melainkan hujan dengan intensitas tinggi hingga esktrem.

“Ini (cuaca ekstrem) hujan bukan badai, intensitasnya bisa ekstrem,” kata Dwikorita dalam konferensi pers yang dikutip Holopis.com, Kamis (29/12).

Dia memerinci, wilayah yang perlu diwaspadai terjadinya hujan esktrem yakni Kabupaten Bekasi bagian Utara. Sedangkan potensi hujan sangat lebat akan terjadi di Jakarta Barat bagian Utara, Jakarta Timur, Jakarta Selatan, Jakarta Utara, dan Kota Bekasi.

Selanjutnya potensi hujan dengan intensitas lebat juga akan terjadi di Kabupaten Tangerang, Kota Tangerang Selatan, Kota Bogor, Kabupaten Bogor bagian Selatan, Depok, dan Jakarta Pusat.

“(potensi cuaca ekstrem) ini untuk besok tanggal 30 Desember dan perlu ditambahkan (potensi hujan) menguap mulai sore sampai dini hari sekitar jam 00.00 sampai pergantian di tanggal 31 Desember,” ujarnya.

Tak hanya di Jabodetabek, lanjut Dwikorita, potensi hujan lebat diprediksi akan mengguyur sebagian Pulau Jawa, diantaranya yakni wilayah Banten bagian Barat, Jawa Barat bagian selatan, DI Yogyakarta, Jawa Tengah bagian selatan, Jawa Timur bagian Selatan.

Sementara itu, untuk potensi hujan sangat lebat terjadi di Banten bagian Utara dan Selatan dan sebagian Jawa Timur bagian Utara. Sementara hujan ekstrem diprediksi akan mengguyur wilayah Jawa Barat bagian utara dan Jawa Tengah bagian Utara.