HOLOPIS.COM, JAKARTA – Komisi Pemilihan Umum (KPU) bersikeras bahwa tidak ada satupun komisioner mereka yang berupaya menjegal langkah Partai Ummat masuk sebagai peserta Pemilu 2024.

Ketua KPU, Hasyim Asy’ari mengatakan, tidak pernah ada instruksi dari pejabat KPU kepada KPUD untuk tidak meloloskan Partai Ummat.

“Nggak ada, jadi kalau Partai Ummat itu ya seperti di NTT misalkan, ada pengurusnya yang menyatakan buat surat pernyataan bahwa dirinya sudah nggak sanggup lagi untuk melakukan verifikasi faktual,” kata Hasyim dalam pernyataannya yang dikutip Holopis.com, Kamis (29/12).

Menurut Hasyim, bahkan pihaknya telah membuka data saat melakukan mediasi dengan Partai Ummat di Bawaslu.

“Hasil verifikasinya itu untuk keanggotaan jumlah yang memenuhi syarat (MS) lebih banyak dalam catatan KPU dari pada catatannya Partai Ummat,” tuturnya.

Hasyim pun kemudian kembali menantang Partai Ummat untuk kembali membuka data apabila tuduhan mengenai ada upaya menjegal partai besutan Amien Rais tersebut masih dilakukan.

“Jadi kalau ada tuduhan menggagalkan dan seterusnya, itu ini narasinya siapa? Karena faktanya nggak begitu. Bisa tanya sama Partai Ummat hasil verifikasi keanggotaan yang memenuhi syarat dalam catatannya KPU dengan catatan Partai Ummat banyak mana,” pungkasnya.