HOLOPIS.COM, SEMARANG – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) telah merilis prakiraan cuaca di sejumlah provinsi di Indonesia hari ini, Kamis (29/12), termasuk provinsi Jawa Tengah (Jateng).

BMKG memprediksi, seluruh wilayah Jateng pada hari ini umumnya bakal turun hujan dengan intensitas yang beragam, mulai dari ringan hingga lebat.

BMKG pun telah mengeluarkan peringatan dini cuaca ekstrem, yakni hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang di sebagian wilayah Jateng.

“Berpotensi hujan sedang hingga lebat dapat disertai kilat/petir dan angin kencang di wilayah Pegunungan hingga dataran tinggi, Pesisir selatan, Pantura, Jateng timur, Solo raya, dan sekitarnya,” tulis BMKG, sebagaimana dikutip Holopis.com, Kamis (29/12).

Tak hanya cuaca, BMKG juga merilis peringatan dini bencana yang kemungkinan terjadi di wilayah Jateng akibat cuaca buruk.

“Waspada potensi bencana hidrometeorologi seperti banjir, tanah longsor, angin kencang, sambaran petir, dan lain-lain,” tulis BMKG memperingatkan.

Adapun untuk prakiraan suhu udara di Jateng pada hari ini akan berkisar di rentang 20-31 derajat celcius, dengan kelembapan udara antara 65-95 persen.