Sabtu, 21 September 2024
Sabtu, 21 September 2024

Pesawat Jet Falcon Akan Dipakai Untuk Pimpinan TNI

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Pesawat jet buatan Prancis Dassault jenis Falcon 7X dan Falcon 8X, akan difungsikan untuk unsur pimpinan TNI agar bisa cepat melaksanakan fungsi kepemimpinan.

Hal tersebut diungkap Menhan (Menteri Pertahanan) Prabowo Subianto, saat meresmikan kedua pesawat itu di Hanggar Skadron Udara 17, Landasan Udara (Lanud) Halim Perdanakusuma, Jakarta, Rabu 28 Desember 2022.

“Dua pesawat yang kami sebut pesawat kodal, komando pengendalian ini, diperuntukkan untuk unsur pimpinan agar dapat dengan cepat bergerak untuk melaksanakan fungsi kepemimpinannya mendukung markas besar TNI dan markas besar tiga angkatan. Jadi, pimpinan TNI, pimpinan angkatan, bisa lebih memiliki kecepatan bergerak,” ujar Prabowo yang kutip Holopis.com, Rabu (28/12).

Ia menambahkan, jika pesawat tersebut merupakan kebanggaan TNI AU (Angkatan Udara) sebagai penambah kekuatan. Nantinya kedua pesawat tersebut akan dioperasikan oleh Skadron Udara 17, di Lanud Halim Perdanakusuma bagi penumpang VVIP.

Spesifikasi :

Pesawat jet Dassault Falcon 7X berwarna abu-abu dengan garis merah-putih di sepanjang badannya. Lalu, pada bagian ekor pesawat itu, terdapat roundel atau tanda pengenal khas TNI AU. Warna senada juga dimiliki oleh Falcon 8X.

Terkait spesifikasi, Falcon 7X diawaki oleh tiga kru, yakni pilot, kopilot, dan pramugari, serta dapat menampung hingga 12 penumpang; sementara itu, dengan badan pesawat lebih lebar dari Falcon 7X, Falcon 8X dapat menampung hingga 16 penumpang.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

TNI AU Bakal Unjuk Alutsista di HUT TNI ke 79 di Monas

Kepala Staf TNI Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Mohamad Tonny Harjono memastikan, bahwa pihaknya akan menurunkan performa kekuatan alat utama sistem senjata (alutsista).

Bali International Air Show 2024 Sukses Pamerkan Kemajuan Penerbangan dan Kedirgantaraan RI

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Pameran Kedirgantaraan Bali International Airshow (BIAS)...

Prabowo Subianto Ingatkan Komitmen Komcad Bela Negara

Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto memberikan pesan penting kepada 1.145 personel yang baru ditetapkan sebagai Komcad Matra Darat TA. 2024.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru