HOLOPIS.COM, JAKARTA – Bagi Sobat Holopis Holopis yang tinggal di kawasan Jabodetabek (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi) diimbau untuk waspada akan potensi banjir besar pada Rabu besok.

Peneliti dari Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Erma Yulihastin menjelaskan, potensi banjir besar tersebut terjadi karena adanya potensi hujan ekstrem dan badai besar diprediksi bakal terjadi di kawasan Jabodetabek.

“Potensi Banjir Besar Jabodetabek. Siapapun Anda yg tinggal di Jabodetabek dan khususnya Tangerang atau Banten, mohon bersiap dengan hujan ekstrem dan badai dahsyat pada 28 Desember 2022 (Rabu Besok),” kata Erma yang dikutip Holopis.com dari cuitan di akun Twitter pribadinya @Eyulihastin, Rabu (28/12).

Erma menjelaskan, data dari SADEWA menunjukkan badai dahsyat yang berasal dari laut akan menerjang wilayah daratan melalui dua jalur.

Jalur pertama yakni dari barat melalui angin baratan yang membawa hujan badai dari laut (westerly burst), dan jalur kedua dari utara melalui angin permukaan yg kuat (northerly, CENS).

“Maka Banten dan Jakarta-Bekasi akan menjadi lokasi sentral tempat serangan badai tersebut dimulai sejak siang hingga malam hari pada 28 Desember 2022,” jelasnya.

Tak hanya itu, Erma mengatakan bahwa hujan ekstrem di Jabodetabek juga berpotensi meluas hingga ke wilayah Jawa Barat.

“Konvergensi di darat juga akan terjadi secara massif sehingga hujan persisten pada 28 Desember 2022 akan terjadi meluas, menjangkau wilayah lain di Jawa bagian barat,” pungkasnya.

Sebagai informasi Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Dwikorita Karnawati juga menyebut potensi cuaca ekstrem akan terjadi dalam sepekan kedepan, yakni hingga awal tahun 2023 mendatang.

“Jadi jangka pendek, sepekan kedepan (1 atau 2 Januari 2023) cuaca ekstrem masih berpotensi terjadi,” kata Dwikorita, Minggu (25/12).

Dia menambahkan, apabila puncak musim hujan terjadi pada periode Desember hingga Januari, maka potensi cuaca ekstrem akan lebih sering terjadi.