HOLOPIS.COM, JAKARTA – Komisioner Komisi Kepolisian Nasional Republik Indonesia (Kompolnas), Poengky Indarti mengapresiasi hasil survei yang dirilis oleh Charta Politika Indonesia tentang perspektif publik terhadap institusi Kepolisian saat ini.

“Kompolnas menyambut baik hasil survey Charta Politika yang dapat memotret meningkatnya kepercayaan publik kepada Polri, dari 57% menjadi 62,4%,” kata Poengky kepada Holopis.com, Jumat (23/12).

Di dalam survei tersebut menunjukkan data, bahwa kinerja Polri tercatat terbaik ketiga untuk penilaian publik terhadap institusi penegak hukum setelah Kejaksaan Agung dan KPK, yaitu 20,3. Untuk tingkat kepercayaan terhadap lembaga tinggi negara, Polri mencatat angka 5,8 sangat percaya dan 56,6 percaya.

Terhadap hasil survei tersebut, alumni Fakultas Hukum Universitas Airlangga, Surabaya tersebut berharap bisa dijadikan bahan untuk memacu para pimpinan dan anggota Polri di seluruh tingkatan untuk semakin percaya diri dalam meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat.

“Hasil survey ini harus menjadi pemacu bagi seluruh pimpinan dan anggota Polri untuk meningkatkan semangat dalam melaksanakan tugasnya melayani, mengayomi, melindungi masyarakat dan menegakkan hukum, guna terjaganya harkamtibmas,” ujarnya.

Sebagai mitra kritis Polri, Poengky menegaskan bahwa Kompolnas tentu sangat mendorong agar institusi Kepolisian bisa lebih baik lagi dalam menjaga kualitas pelayanan, sehingga kepercayaan publik pun dapat meningkat drastis.

“Kompolnas berharap Polri dapat meraih posisi tertinggi sebagai institusi yang dipercaya masyarakat,” tandasnya.

Poengky juga menegaskan bahwa pihaknya pun sangat optimistis jika lima arahan Presiden dan komunikasi yang baik dengan masyarakat yang dijabarkan dalam bentuk Quick Wins Kapolri dilaksanakan dengan baik, maka Polri akan lebih dicintai masyarakat.

“Kegiatan-kegiatan yang bersifat preventif dan preemtif perlu dilakukan secara massif agar kejahatan dapat dicegah, sehingga masyarakat dapat merasakan hidup dalam kondisi aman,” pungkasnya.

Sekedar diketahui, bahwa Charta Politika telah merilis hasil survei tingkat kepercayaan publik terhadap lembaga tinggi negara. Hasilnya, tren kepercayaan publik ke Polri terus mengalami kenaikan.

Baca hasil survei Charta Politika Indonesia di halaman berikutnya.