Sabtu, 21 September 2024
Sabtu, 21 September 2024

Asal Muasal Pohon Cemara Menjadi Dekorasi Khas Natal

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Rasanya belum afdol merayakan natal atau sekedar melewati bulan Desember tanpa melihat ada pohon cemara yang dihiasi secara indah khas Hari Raya Natal.

Pohon cemara yang dipenuhi bola-bola gemerlap, salju-salju, mainan Sinterklaas dan permen tongkat pasti bikin ingin foto bareng, dan langsung kangen dengan keluarga bagi yang tidak pulang kampung.

Bagaimana sih awalnya mengapa pohon cemara menjadi simbol di hari suci umat Kristiani ini?

Ternyata, awal mula pohon cemara menjadi simbol Natal, adalah tradisi dari masyarakat Jerman kuno saat merayakan festival musim dingin.

Saat itu, justru masyarakat Jerman tidak mengatikan festival musim dingin dengan keyakinan apapun. Mereka mendekorasi rumahnya sedemikian mungkin untuk berharap datangnya musim semi.

Namun, masyarakat Krsitiani disana menggunakan pohon cemara untuk lambang kehidupan abadi bersama Allah, dan pohon ini juga masih hijau meskipun berada di musim dingin.

Awal Mula Masuk ke Amerika

Pada abad ke-19, warga Amerika sempat menganggap pohon natal itu aneh. Pertama kali ada pohon natal yaitu pada tahun 1830 yang dibawa oleh warga Jerman di Pennsylvania.

Namun semua berubah saat Ratu Victoria dan suami asal Jermannya, Pangeran Albert digambarkan berada di sebelah pohon natal. Ratu Victoria sangat populer di Amerika Serikat.

Ratu Vicotria dan Pangeran Albert dengan pohon natal
Ratu Vicotria dan Pangeran Albert dengan pohon natal [Foto: History.com]
Otomatis, warga Amerika pun mulai menerima pohon natal sebagai ornamen penting dalam dekorasi perayaan natal.

Saat ini, Natal sudah tidak bisa dilepas dari dekorasi pohon natal, lengkap dengan segala pajangannya yang unik-unik sesuai dengan selera pemiliknya.

Sobat Holopis sudah punya pohon natal di rumah belum?

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Apakah Makan Es Bisa Membuat Gemuk?

Makan es, terutama dalam bentuk es krim atau dessert beku, sering kali menjadi camilan yang menyenangkan.

4 Tips Menyelamatkan Diri Dari Badai Berbahaya

Belakangan ini, beberapa wilayah di negara-negara Asia Tenggara dilanda topan dan badai yang berbahaya karena dampak dari pemanasan global.

5 Khasiat Buah Anggur Merah, Manis dan Banyak Manfaat Baik

Siapa sih yang tidak suka dengan anggur merah? Anggur merah adalah buah yang bukan hanya lezat tetapi juga kaya akan manfaat kesehatan.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru