Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024

Kemenag : Salat Iduladha 1442 H Zona Merah dan Oranye Ditiadakan

JAKARTA, HOLOPIS. COM- Pemerintah resmi melarang masyarakat yang berada di zona merah penyebaran corona untuk melakukan ibadah shalat idul adha 1442 H.

Pemerintah melalui Kementerian Agama pun mengatur hal tersebut melalui Surat Edaran Menteri Agama, SE. 15 Tahun 2021 yang mengatur penerapan protokol kesehatan dalam penyelanggaran ibadah tersebut.

“Salat Hari Raya Iduladha 10 Zulhijjah 1442 H/2021 M di lapangan terbuka atau di masjid/musala pada daerah Zona Merah dan Oranye ditiadakan, ” isi dari Surat Edaran  dari siaran pers Kementerian Agama, Rabu (23/6).

Pelaksanaan Shalat pun diberikan kelonggaran bisa dilakukan jika hanya wilayahnya dinyatakan sebagai zona orange

“Dengan tetap wajib menerapkan standar protokol kesehatan Covid-19 secara ketat, “kembali isi Surat edaran tersebut.

Sementara itu, penyampaian Khutbah Iduladha pun juga dibatasi pemerintah dengan durasi maksimal hanya 15 menit. Kemudian, kapasitas jemaah juga dibatasi hanya 50 persen dari kapasitasnya.

Panitia Salat Hari Raya Iduladha juga diwajibkan menggunakan alat
pengecek suhu tubuh dalam rangka memastikan kondisi sehat jemaah yang hadir.

Sebagai catatan juga, untuk para lanjut usia atau orang dalam kondisi kurang sehat, baru
sembuh dari sakit atau dari perjalanan, dilarang mengikuti Salat.

Setiap jemaah juga kemudian harus membawa perlengkapan salat masing-masing, seperti sajadah, mukena, dan lain-lain. Khatib pun diharuskan menggunakan masker dan faceshield pada saat menyampaikan khutbah Salat Hari Raya Iduladha.

“Seusai pelaksanaan Salat Hari Raya Iduladha, jemaah kembali ke rumah masing-masing dengan tertib dan menghindari berjabat tangan dengan bersentuhan secara fisik, ” isi Surat edaran. (RPG)

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Perry Warjiyo Kembali Jabat Ketum ISEI

Perry Warjiyo kembali menjabat sebagai Ketua Umum (Ketum) Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (ISEI) untuk periode 2024-2027. Ia terpilih secara aklamasi dalam Kongres ISEI XXII 2024 yang berlangsung di Surakarta, Jawa Tengah.

Cerita Nur Fatia, Difabel Bergelar Sarjana yang Berhasil Masuk Polisi

Sekolah Polisi Wanita atau Sepolwan Lemdiklat Polri sangat bangga memiliki siswi bernama Nur Fatia Azzahra yang bergelar sarjana psikologi, dengan nilai IPK 3,56.

RESEP : Telur Ceplok Setengah Matang, Nikmat dan Menyehatkan

Meskipun terkesan sederhana, namun telur celpok setengah matang memiliki banyak manfaat baik untuk tubuh. S
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru