HOLOPIS.COM, JAKARTA – Lembaga survei Charta Politika merilis data terbaru mereka mengenai elektabilitas para tokoh yang diperkirakan bakal bertarung di pemilihan umum 2024.

Direktur Eksekutif Charta Politika, Yunarto Wijaya mengatakan, dari survei yang mereka lakukan, pasangan Prabowo Subianto dan Ganjar Pranowo memiliki elektabilitas yang tinggi apabila mereka maju dalam Pilpres 2024.

“Pasangan Prabowo-Ganjar memperoleh angka 45,3 persen dan berpotensi menang satu putaran dalam pilpres,” kata Yunarto dalam pemaparannya yang dikutip Holopis.com, Kamis (22/12).

Meskipun begitu, dari survei yang dilakukan tersebut, Yunarto masih membutuhkan analisis mendalam mengenai potensi pasangan tersebut maju dalam pilpres 2024.

“Apakah ini mungkin terjadi? Saya pikir mungkin butuh analis lebih mendalam secara politik terkait dengan berbagai kepentingan partai masing-masing capres dan tentu saja ego terkait dengan masing-masing pemilih partai,” jelasnya.

Survei Charta Politika ini diselenggarakan pada 8-16 Desember 2022. Populasi survei ini adalah seluruh warga negara Indonesia yang punya hak pilih dalam pemilihan umum, yakni mereka yang sudah berusia 17 tahun atau lebih.

Survei menggunakan metode wawancara tatap muka, dan sebaran responden mencapai 34 kabupaten/kota di seluruh Indonesia. Dengan metode sampling menggunakan multistage random sampling, survei ini melibatkan 1.220 responden. Sementara, margin of error dengan ukuran sampel tersebut adalah sebesar 2,82 persen.