HOLOPIS.COM, JAKARTA – Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Muhadjir Effendy turut angkat bicara terkait pencabutan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM).

Dia menuturkan, bahwa Indonesia sejatinya telah siap untuk mencabut PPKM. Namun pihaknya masih menunggu perintah dari Presiden Jokowi terkait hal tersebut.

“Kita tinggal nunggu perintah dari bapak Presiden tapi secara persiapan Insya Allah sudah siap,” kata Muhadjir dalam keterangan resminya yang dikutip Holopis.com, Kamis (22/12).

“Jadi sebetulnya praktek sehari-hari kita ini kan juga sudah, sudah, sudah tidak ada PPKM ya kan gitu,” tambahnya.

Muhadir menegaskan, bahwa Indonesia sendiri secara de facto telah keluar dari Pandemi Covid-19. Apalagi, herd immunity masyatakat Indonesia sudah terbentuk dari vaksinasi yang dilakukan selama ini.

Namun untuk pencabutan status Pandemi tersebut bukan wewenang pemerintah, melainkan wewenang WHO sebagai otoritas kesehatan dunia.

“Ini kan selalu saya katakan bahwa de facto kita ini sebetulnya sudah keluar dari pandemi, ini tinggal karena untuk menetapkan kapan berakhirnya pandemi itu kan keputusan dari WHO bukan dari kita,” tegas Muhadjir.

Dia pun mewanti-wanti masyatakat untuk tetap waspada, meskipun virus Covid-19 saat ini sudah tidak seganas ketika awal pandemi lalu.

“Kita tentu saja tetap harus waspada karena ternyata kan juga varian-varian baru terus bermunculan kan walaupun varian baru itu sudah terbukti tidak seganas dan tidak mematikan dari varian yang awal-awal ya,” tutupnya.