HOLOPIS.COM, JAKARTA – Panglima TNI, Laksamana Yudo Margono menyatakan bahwa pihaknya akan mulai pendekatan baru dalam menangani Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Papua.

“Sekarang ini operasinya lebih ditonjolkan operasi teritorial bukan operasi militer. Itu yang perlu digarisbawahi,” kata Yudo dalam keterangannya yang dikutip Holopis.com, Senin (19/12).

“Tentunya tetap tegas sesuai hukum yang ada,” lanjutnya.

Mengenai rencana pengurangan pasukan, Yudo pun belum bisa memastikan dalam waktu dekat. Pasalnya, dirinya akan berangkat ke Papua bersama seluruh Kepala Staf Angkatan terlebih dahulu sebelum menentukan kebijakan lanjutan.

“Nantinya akan kita akan evaluasi dulu barulah saya laporkan ke presiden situasi yang ada. Nanti saya akan datang ke sana bersama dengan kepala staf angkatan untuk melihat secara nyata apa yang terjadi disana,” terangnya.

Strategi yang akan dilakukan disana menurut Yudo, adalah dengan pendekatan langsung kepada sejumlah tokoh masyarakat, serta mendengarkan penjelasan dari para prajurit yang sudah lama berjaga disana.

“Masukan masukan juga dari prajurit di lapangan, juga dari tokoh tokoh masyarakat, tokoh agama apa yang harus kita lakukan. Tentunya perlu pendekatan di lapangan nih apa yang ada disana,” jelasnya.