Sabtu, 21 September 2024
Sabtu, 21 September 2024
NewsEkobizJokowi Minta Penambahan Plafon Kredit Usaha Dilakukan Berjenjang

Jokowi Minta Penambahan Plafon Kredit Usaha Dilakukan Berjenjang

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta penambahan plafon Kredit Usaha Rakyat (KUR) dilakukan secara berjenjang.

Adapun maksud dari permintaan tersebut yakni menghindari agar dana yang diterima para pelaku usaha tidak disalahgunakan untuk keperluan yang sifatnya konsumtif.

Jangan sampai kita usahanya jualan gorengan, pinjamannya dipinjami Rp100 juta, malah jadi barang-barang konsumtif yang tidak menjadi tidak produktif,” kata Jokowi dalam keterangannya yang dikutip Holopis.com, Senin (19/12).

Presiden Jokowi awalnya bercerita, bahwa peminat KUR melalui PMN Mekar yang digulirkan pemerintah sekarang ini sudah mencapai 13,5 juta debitur.

Angka tersebut melonjak signifikan jika dibanding dengan jumlah debitur pada tahun 2016 lalu, yang masih 500.000 debitur.

“Target saya untuk masuk ke 2024 bisa mencapai di atas 20 juta,” kata Jokowi.

Lebih lanjut, Jokowi juga menyampaikan hal menarik menurut dirinya, dimana para peminat PMN Mekaar didominasi oleh ibu-ibu. Jumlahnya hampir mencapai 90 persen.

Dikatakannya, mereka rata-rata meminjam dana mulai dari Rp1 juta hingga Rp5 juta. Mayoritas pinjaman tersebut digunakan untuk menjalankan usaha-usaha produktif, seperti Jualan gorengan, mie, hingga jualan di pasar.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu lantas meminta perbankan nasional, serta Himbara untuk memperbesar plafon pinjaman KUR ke depannya, dengan skema berjenjang.

“Kalau sudah bisa masuk ke PMN Mekaar lulus dari situ bagus naik masuk ke KUR. Artinya, nanti didorong ke BRI, BNI, agar plafon kreditnya bisa lebih besar,” tuturnya.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Baca Juga

Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

BERITA TERBARU

Lainnya
Related

Akhir Pekan, Segini Harga Emas Galeri 24, Antam hingga UBS di Pegadaian

Harga emas batangan bersertifikat yang dijual di PT Pegadaian (Persero) terpantau tidak mengalami perubahan alias stagnan, kecuali emas UBS yang mengalami kenaikan tipis pada perdagangan akhir pekan ini, Sabtu 21 September 2024.

Akhir Pekan, Harga Emas Antam Ngegas Jadi Rp 1.455.000

Harga emas batangan bersertifikat keluaran PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) alias emas Antam terpantau mengalami kenaikan yang cukup tajam pada perdagangan hari ini, Sabtu 21 September 2024.

Jokowi Sebut Kesempatan Kerja Makin Sempit, Fedi Nuril : UU Cipta Kerja Gagal, Pak ?

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Fedi Nuril memberikan sindiran kepada Presiden...

Bahlil Kasih Sinyal Pemerintah Batal Batasi Pembelian BBM Subsidi Mulai 1 Oktober 2024

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Bahlil Lahadalia memberikan sinyal kuat, bahwa aturan pembatasan pembelian bahan bakar minyak (BBM) subsidi batal diberlakukan mulai 1 Oktober 2024.