Selasa, 24 September 2024
Selasa, 24 September 2024
NewsEkobizKementan Klaim Food Estate Mampu Kendalikan Laju Inflasi

Kementan Klaim Food Estate Mampu Kendalikan Laju Inflasi

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Direktur Jenderal Hortikultura Kementerian Pertanian (Kementan), Prihasto Setyanto mengklaim, program food estate telah dilakukan di sejumlah daerah terbukti mampu mengendalikan inflasi.

Dia menjelaskan, hal itu terjadi karena ketersediaan komoditas hasil pertanian yang cukup, khususnya di provinsi DKI Jakarta.

“Melalui pengembangan food estate, kami mendorong agro industri pertanian karena terintegrasi satu dengan lainnya, dari proses budidaya sampai pemasarannya,” kata Prihasto dalam keterangannya yang dikutip Holopis.com, Minggu (18/12).

Ia menyebut, program food estate untuk hortikultura telah dikembangkan di sejumlah daerah, antara lain di Kabupaten Humbang Hasundutan Sumatera Utara, kemudian Temanggung dan Wonosobo di Jawa Tengah.

Tak hanya itu, program food estate tersebut juga dikembangkan di Garut, Jawa Barat dan Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

“Sekarang sudah berjalan dengan baik ini terbukti kemarin waktu mengalami inflasi cabai dan bawang pada Oktober-November 2022 di Jakarta harga komoditas itu cukup tinggi, cabai bisa mencapai Rp 80.000 hingga Rp 90.000 di Jakarta,” katanya.

Ia menuturkan, dengan bantuan para petani dari kegiatan food estate yang ada di Temanggung dan Wonosobo, produk hasil pertanian bisa masuk ke Jakarta. Sehingga secara otomatis harga komoditas tersebut bisa turun.

“Jadi perannya sangat signifikan sejak Presiden Joko Widodo mencanangkan food estate di Temanggung dan Wonosobo tahun 2021, semua bergerak membantu menyuplai pasokan produk ke Jakarta dan Alhamdulillah bisa menekan harga di Jakarta,” katanya.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Baca Juga

Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

BERITA TERBARU

Lainnya
Related

Pemilu 2024 Sedot Anggaran Rp 30,5 Triliun

Kementerian Keuangan (Kemenkeu) mencatat realisasi anggaran untuk belanja Pemilu 2024 per Agustus 2024 telah mencapai Rp 30,5 triliun.

Airlangga Minta Sri Mulyani Kucurkan Rp 1 Triliun Demi Percepat Digitalisasi Daerah

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto meminta Menteri Keuangan (Menkeu), Sri Mulyani Indrawati untuk mengucurkan anggaran sebesar Rp 1 triliun sebagai upaya Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (P2DD).

Koperasi UMKM Tangguh Berkibar Kenalkan Produk Indonesia di Pameran CIEIE EPSE 2024

Pameran China International E-Commerce Industry Expo dan Indonesia E-Commerce Product Sourcing Exhibition (CIEIE EPSE 2024) digelar di JIEXPO Kemayoran, Hall A, Jakarta, resmi dibuka sejak hari Kamis, 19 September 2024.

IHSG Perkasa di Awal Pekan, Lima Saham Ini Langsung Kasih Cuan Maksimal

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) berakhir menguat pada akhir perdagangan saham di awal pekan ini, Senin 23 September 2024.