Minggu, 22 September 2024
Minggu, 22 September 2024
NewsEkobizBI Catat Modal Asing Rp830 Miliar Keluar RI Sepekan Ini

BI Catat Modal Asing Rp830 Miliar Keluar RI Sepekan Ini

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Bank Indonesia (BI) mencatat aliran modal asing keluar Indonesia selama sepekan ini sebesar Rp830 miliar.

Kepala Departemen Komunikasi BI, Erwin Haryono menuturkan bahwa modal asing keluar berasal dari beli neto Rp2,89 triliun di pasar SBN, serta dari jual neto Rp3,72 triliun di pasar saham.

“Selama tahun 2022, berdasarkan data setelmen sampai dengan 15 Desember 2022, non residen jual neto Rp132,69 triliun di pasar SBN dan beli neto Rp64,35 triliun di pasar saham,” kata Erwin dalam keterangan tertulisnya yang dikutip Holopis.com, Sabtu (17/12).

Kemudian, untuk premi Credit default swap (CDS) Indonesia 5 tahun turun ke 94,15 basis poin (bps) per 15 Desember 2022.

BI juga mencatat nilai tukar rupiah kali ini dibuka pada level (bid) Rp15.615 per dolar AS dan yield SBN 10 tahun turun ke level 6,87 persen.

Selanjutnya, inflasi berdasarkan survei pemantauan harga sampai dengan minggu ketiga di bulan Desember 2022 diperkirakan inflasi sebesar 0,44 persen secara bulanan (month to month/mtm).

Komoditas utama penyumbang inflasi Desember 2022 sampai dengan minggu ketiga yaitu telur ayam ras sebesar 0,08 persen (mtm), kemudian beras, tomat dan emas perhiasan masing-masing sebesar 0,03 persen.

Kemudian, cabai rawit, daging ayam ras, minyak goreng, dan rokok kretek filter masing-masing sebesar 0,02 persen. Lalu, kangkung, tarif air minum PAM, bensin, dan angkutan udara masing-masing sebesar 0,01 persen.

Sementara itu, sejumlah komoditas yang menyumbang deflasi pada periode ini yaitu cabai merah dan bawang merah masing-masing sebesar minus 0,01 persen.

“Bank Indonesia akan terus memperkuat koordinasi dengan Pemerintah dan otoritas terkait dan terus mengoptimalkan strategi bauran kebijakan untuk menjaga stabilitas makroekonomi dan sistem keuangan guna mendukung pemulihan ekonomi lebih lanjut,” tutup Erwin.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Baca Juga

Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

BERITA TERBARU

Lainnya
Related

Menhub Klaim Punya Jurus Jitu Turunkan Harga Tiket Pesawat

Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi mengungkapkan sejumlah cara untuk menurunkan harga tiket pesawat yang semakin mahal. Setidaknya, kata dia, terdapat empat cara yang dipaparkan olehnya.

DJP Klaim MLI STTR yang Diteken Sri Mulyani Bisa Dongkrak Penerimaan Pajak

Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kementerian Keuangan (Kemenkeu) mengklaim, perjanjian Multilateral Instrument Subject to Tax Rule (MLI STTR) bisa mendongkrak penerimaan pajak negara.

Pasar Keuangan RI Banjir Dana Asing dalam Sepekan

Bank Indonesia (BI) mencatat aliran dana asing yang masuk ke pasar keuangan Indonesia selama sepekan terakhir, yakni selama periode transaksi 17 - 19 September 2024 sebesar Rp 25,6 triliun.

Harga Bahan Pangan Kompak Naik di Akhir Pekan

Harga bahan pangan secara nasional di tingkat pedagang eceran terpantau mengalami kenaikan pada akhir pekan ini, Sabtu 21 September 2024.