HOLOPIS.COM, JAKARTA – Masyarakat dipastikan dapat merayakan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 (Nataru) tanpa adanya pembatasan sosial, baik dari sisi kegiatan ibadah maupun perayaan.

Hal itu sebagaimana disampaikan oleh Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK), Muhadjir Effendy usai rakor pengamanan Nataru di Mabes Polri Jakarta, hari ini.

“Untuk tahun ini, sudah tidak ada pembatasan,” kata Muhadjir dalam konferensi pers yang dikutip Holopis.com, Jumat (16/12).

Meski demikian, masyatakat tetap wajib mematuhi ketentuan-ketentuan yang ditetapkan Pemerintah untuk mencegah penularan COVID-19.

“Tapi, ketentuan-ketentuan masih berlaku, termasuk juga di dalamnya penyelenggaraan ibadah; tetapi pada prinsipnya, untuk tahun ini, perayaan Natal dan Tahun Baru sudah dibolehkan,” jelasnya.

Dalam kesempatan yang sama, Menteri Agama (Menag), Yaqut Cholil Qoumas mengatakan bahwa peniadaaan pembatasan juga berlaku pada saat pelaksanaan ibadah.

Sebagaimana diketahui, pemerintah telah menetapkan status Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) pada level 1. Artinya, ada kebebasan aktivitas masyarakat secara terukur.

“Untuk tempat ibadah sesuai aturan PPKM, tetap boleh 100 persen, tapi tidak boleh lebih,” tutur Yaqut.

Meski begitu, dia meminta tempat ibadah yang nantinya akan melaksanakan ibadah Natal untuk tidak membuat tenda-tenda di luar untuk peribadatan.

Sementara itu, Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo memastikan seluruh jajaran Polri bersama TNI akan melakukan pengamanan selama momen Nataru dengan sebaik mungkin.

Dia mengatakan, pihaknya juga akan melibatkan masyarakat dan organisasi kemasyarakatan (ormas) dan organisasi kepemudaan untuk rurut serta dalam pengamanan Nataru.

“Kami sudah sepakat, selain dari TNI, Polri, ada unsur masyarakat, ormas, teman-teman Banser, Ansor, akan ikut. Sehingga penyelenggaraan ini bisa berjalan dengan baik,” kata Sigit.

Selain itu, Tim Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror Polri juga terus waspada, sehingga rangkaian kegiatan perayaan Natal dan Tahun Baru berjalan dengan baik.

Sebagaimana diketahui perayaan Nataru di tahun ini merupakan kali pertama dilaksanakan tanpa adanya pembatasan sosial sejak pandemi Covid-19 terjadi di Tanah Air.