HOLOPIS.COM, JAKARTA – Ajang Piala Dunia 2022 nampaknya tak hanya sekadar mempertandingkan sebuah permainan sepakbola, namun juga sebagai wadah perdamaian.

Hal tersebut terlihat dari aksi kedua supporter, baik Maroko maupun Prancis, yang sama-sama merayakan kemenangan, meski dalam hal ini Singa Atlas gagal melangkah ke babak final Piala Dunia 2022.

Dikutip Holopis.com dari AP News, Kamis (15/12), euforia supporter Prancis meledak dalam sorak sorai kegembiraan di Jalan Champs-Elysees, Paris ketika Les Bleus memastikan diri lolos ke partai puncak Piala Dunia 2022.

Supporter Prancis yang larut dalam kegembiraan tersebut, turut mengibarkan bendera Prancis hingga menyanyikan sebuah lagu berlirik ‘kami berada di final’.

Menariknya, para supporter Maroko juga hadir disitu, dan berbaur dengan supporter Prancis ikut merayakan kemenangan Les Bleus.

Bahkan, kabarnya di kota Madrid, Spanyol pendukung Maroko dan Prancis berbarengan merayakan kemenangan saat dalam acara nonton bareng (nobar), lengkap dengan atribut bendera Maroko hingga Prancis.

Diketahui, hubungan negara Prancis dan Maroko memiliki sejarah panjang di masa lampau. Bahkan banyak warga negara yang memiliki kewarganegaraan ganda Prancis-Maroko.

Laporan tersebut menyebut, ada kebingungan yang terjadi untuk yang berkewarganegaraan ganda, antara mendukung Prancis atau Maroko, dan ada juga yang memilih mendukung keduanya.

Dalam Piala Dunia 2022 ini, tidak ada yang menyangka bahwa kedua negara akan bertemu di partai semifinal.

Untuk Prancis sudah jelas bahwa mereka merupakan tim unggulan, namun tidak untuk Maroko. Sepak terjang Singat Atlas begitu mengesankan hingga menjadi buah bibir dimana-mana karena prestasinya itu.