HOLOPIS.COM, JAKARTA – Dalam satu hari, terdapat 24 jam waktu yang bisa Sobat Holopis gunakan untuk menjalankan segala aktivitas dan kegiatan, mulai dari aktivitas harian, pekerjaan kantor hingga berolahraga.

Namun, tak sedikit yang belum mampu untuk memaksimalkan waktu tersebut, sehingga banyak kegiatan yang seharusnya dapat dikerjakan pada hari itu, yang pada akhirnya akan menggangu kesehatan mental Sobat Holopis akibat dikejar-kejar deadline.

Nah pada artikel kali ini, tim redaksi Holopis.com akan membagikan sedikit tips mengatur waktu, agar Sobat Holopis menjadi lebih produktif ke depan.

Simak tipsnya berikut ini :

1. Tentukan tujuan

Sebagian besar orang hanya berniat ingin produktif, tetapi tidak tahu apa tujuan yang ingin dicapai. Tentu tanpa adanya tujuan, produktif hanyalah mimpi di siang bolong yang tidak akan pernah bisa terjadi.

Untuk itu, langkah pertama yang harus sobat Holopis lakukan adalah menentukan tujuan terlebih dahulu, agar nantinya Sobat Holopis bisa menyusun rencana apa saja yang harus dilakukan untuk menjadi produktif.

2. Membuat rencana detail

Setelah Sobat Holopis berhasil menentukan tujuan yang akan dicapai, langkah berikutnya adalah membuat rencana-rencana detail yang dapat membuat kamu bisa mencapai tujuan tersebut.

Seperti halnya suatu organisasi atau lembagai, setiap individu juga perlu menentukan visi dan misinya masing-masing. Nah dalam hal ini, visi adalah tujuan yang ingin Sobat Holopis capai, sedangkan misi adalah langkah yang diperlukan untuk mencapai visi atau tujuan Sobat Holopis.

Dalam membuat rencana, ada baiknya Sobat Holopis mengurutkan rencana tersebut dari mulai yang paling penting terlebih dahulu.

3. Membuat jadwal yang terstruktur

Cara selanjutnya untuk membuat hari-hari Sobat Holopis lebih produktif adalah dengan membuat jadwal yang terstruktur dari rencana-rencana yang telah dibuat sebelumnya.

Sobat Holopis harus tahu, jadwal yang telah terstruktur akan membuat Sobat Holopis semakin mudah menentukan dan mengalokasikan waktu, sehingga waktumu tidak akan terbuang percuma karena bingung harus melakukan apa terlebih dahulu.

4. Gunakan waktu dengan sebaik mungkin

Cara selanjutnya agar Sobat Holopis bisa tetap produktif adalah dengan menggunakan waktu sebaik mungkin. Sobat harus tahu, kapan waktu untuk benar-benar fokus dan serius, kapan waktu untuk bersantai, serta kapan waktu untuk beristirahat.

Jangan sampai, waktu 24 jam dalam sehari terasa kurang karena Sobat Holopis terlalu sibuk hingga tidak memiliki waktu untuk istirahat. Sebab bagaimana pun, istirahat adalah hal penting untuk menjaga kesehatan fisik maupun mental Sobat Holopis.

5. Memberi jeda pada diri sendiri

Hari yang produktif tidak berarti Sobat Holopis harus melakukan sesuatu sepanjang hari hingga tidak memiliki waktu untuk istirahat dan memperhatikan diri sendiri.

Salah satu kegiatan yang perlu Sobat Holopis perhatikan adalah me time. Sobat Holopis harus memberikan waktu untuk refreshing, agar Sobat tidak mengalami burnout atau kelelahan akibat terlalu lama bekerja atau beraktivitas.

Nah itulah tips-tips yang bisa Sobat Holopis jalankan, agar hari-hari Sobat Holopis bisa menjadi lebih produktif dan bermanfaat.