HOLOPIS.COM, JAKARTA – Zainudin Amali selaku Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI, memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada lifter Indonesia, Rahmat Erwin Abdullah berkat prestasi yang diraihnya di Kejuaraan Dunia Angkat Besi 2022.

Diketahui, Rahmat sukses keluar sebagai juara untuk angkatan clean and jerk di kelas 73 kg putra Kejuaraan Dunia Angkat Besi 2022 di Gran Carpa Americas Corferias, Bogota, Kolombia pada Sabtu (10/12).

“Apa yang diraih Rahmat pada kejuaraan dunia Angkat Besi 2022 di Kolombia ini sangat luar biasa. Dia berhasil juara sekaligus pecahkan rekor dunia. Bahkan dengan prestasi ini dia sudah dua kali juara dunia. Saya bangga dan apresiasi dengan yang diraih Rahmat,” ungkap Menpora Amali, sebagaimana rilis yang didapat Holopis.com, Minggu (11/12).

Lanjutnya, Menpora menuturkan bahwa prestasi yang diraih Rahmat jadi modal untuk mendapatkan tiket Olimpiade Paris 2024.

“Kejuaraan dunia ini memang bagian dari untuk memperebutkan tiket menuju Olimpiade Paris 2024 nanti. Saya harap preatasi ini bisa diikuti atlet lainya,” ujarnya.

Sebagai informasi, Rahmat sendiri tampil di Grup B Kejuaraan Dunia Angkat Besi 2022, dimana ia dinilai sebagai kuda hitam dalam kompetisi tersebut, usai sukses membuat kejutan dengan mengangkat beban seberat 200 kg pada angkatan clean and jerk.

Hasil itu pun sekaligus mencetak sejarah baru, dimana Rahmat mampu memecahkan rekor dunia milik peraih emas Olimpiade Tokyo 2020 milik Shi Zhiyong asal China yang pada Kejuaraan Dunia 2019 lalu mencetak 197 kg untuk angkatan clean and jerk.