HOLOPIS.COM, JAKARTA – Presiden Jokowi menyelenggarakan prosesi adat ngunduh mantu Kaesang Pangarep dan Erina Gudono pada hari ini di Loki Gandrung Solo.

Setiba di lokasi acara, Jokowi menyampaikan bahwa rangkaian puncak acara pernikahan putra bungsunya itu merupakan cara dia untuk menjaga dan merawat kebudayaan sebagai warisan leluhur.

“Kami ngunduh mantu Kaesang Pangarep dan Erina Gudono sekaligus kami nguri-uri kabudayan, merawat kebudayaan memelihara kebudayaan, karena budaya adalah warisan para leluhur kita,” kata Presiden Jokowi dikutip Holopis.com dari Kanal Youtube Jokowi, Minggu (11/12).

Dalam kesempatan itu, Jokowi yang ditemani anggota keluarga juga menegaskan bahwa mencintai kebudayaan adalah kewajiban semua orang.

“Oleh sebab itu, kecintaan pada budaya harus kita tunjukkan, agar identitas budaya kita muncul kembali,” pungkas Jokowi.

Kaesang Pangarep dan Erina Gudono resmi menikah di Royal Ambarrukmo, Yogyakarta pada hari Sabtu (11/12). Kakak tertua Erina, Allen Gudono berperan sebagai wali nikah, dengan mas kawin seperangkat alat salat dan uang tunai sebesar Rp300 ribu.