Sabtu, 21 September 2024
Sabtu, 21 September 2024

Ada Jalur Sepeda, Tapi Pesepeda Merasa Dipandang Kasta Terendah

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Jalur sepeda yang diperuntukkan bagi para pesepeda, masih banyak diserobot oleh pengguna kendaraan bermotor. Hak pesepeda sudah diatur dalam, Undang-Undang Nomor 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.

Salah satu penggiat sepeda Toto Sugito dari komunitas Bike to Work Indonesia, menyayangkan hal tersebut. Dalam sebuah forum diskusi bertema jejak pendapat publik untuk evaluasi jalur sepeda existing DKI Jakarta ia minta agar pemerintah untuk terus memasifkan sosialisasi terkait penggunaan jalur sepeda di jalan raya.

“Kita seolah-olah masih di dalam kasta yang rendah di jalan raya. Khususnya untuk pejalan kaki dan pesepeda. Karena saya yakin tidak banyak orang yang tahu bahwa pesepeda maupun pejalan kaki itu punya hak di jalan raya,” ujar Toto, Senin (5/12).

Lebih lanjut Toto mengatakan, selama ini hak-hak para pesepeda khususnya di Jakarta masih minim disadari oleh masyarakat maupun pengendara lain. Ia melihat, pesepeda terkesan sulit mendapatkan jalur dan fasilitas yang baik.

“Banyak motor angkot bus bahkan sepeda mobil pribadi itu sering kali sangat tidak melihat kita ada di situ. Bahwa kita seolah-olah tidak layak di jalan raya,” tambah dia.

Untuk itu, dia meminta pemerintah mensosialisasikan kepada masyarakat secara masif mengenai Undang-Undang Nomor 22 tahun 2009.

“Polisi lalu lintas, Dinas Perhubungan, Dirjen Perhubungan Darat itu bersama-sama menyosialisasikan dan mengampanyekan secara masif mengenai UU tersebut. Sehingga masyarakat tidak menganggap kita sebagai pengguna jalan yang layak gitu,” katanya.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Kemenhub Dapat Tambahan Anggaran Senilai Rp6,69 Triliun Tahun 2025

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Republik Indonesia (RI) ...

Apakah Makan Es Bisa Membuat Gemuk?

Makan es, terutama dalam bentuk es krim atau dessert beku, sering kali menjadi camilan yang menyenangkan.

4 Tips Menyelamatkan Diri Dari Badai Berbahaya

Belakangan ini, beberapa wilayah di negara-negara Asia Tenggara dilanda topan dan badai yang berbahaya karena dampak dari pemanasan global.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru