HOLOPIS.COM, JAKARTA – Pada umumnya skincare terbuat dari bahan yang sudah pasti aman dan teruji, anehnya akun TikTok dengan nama Binda Tamayo ini menjadi viral lantaran memberi alternatif lain untuk merawat wajah dengan budget minimal yaitu menggunakan micin atau penyedap rasa.

Binda menyebutnya “Skincare Ormis (Orang Miskin)” lantaran hanya membutuhkan uang Rp500 untuk membeli satu bungkus micin ukuran kecil yang cukup untuk digunakan sekali pakai.

“Ini buat ormis, orang miskin ya kayak aku kayak kalian, ya kalau kalian ga merasa miskin ya ga usah pakai,” ucap Binda lantang.

Lalu dengan gamblang Binda mempraktikkan cara membuat skincare menggunakan satu sendok micin yang dilarutkan dengan sedikit air. Dengan selembar kapas ia pun mulai mengaplikasikan larutan micin tersebut ke wajahnya.

Penyedap rasa untuk perawatan wajah
Binda saat mempraktiikkan pengaplikasian penyedap rasa untuk perawatan wajah. [Foto: Tangkapan layar TikTok/Binda Tamayo]
“Buat flek, melasma, bopeng hitam bisa, sayang, ingat ya satu sendok makan ya, kasih air putih,” lanjutnya.

Tak tanggung-tanggung, video unggahannya di TikTok meraup puluhan juta penonton dengan ratusan ribu disukai dan ribuan komentar.

Beberapa netizen yang berkomentar memberikan testimoni positif bahwa mereka telah mencobanya dan hanya dalam hitungan hari wajah mereka benar menjadi lebih cerah.

“Aku sudah coba selama 5 hari, benar-benar kulitku mulai cerah bersih, sumpah ampuh, thanks you resepnya kak,” tulis akun @EkaWulanDari.

Namun tidak sedikit dari mereka yang juga memberikan komentar negatif lantaran sudah mencaritahu di internet mengenai bahaya menggunakan penyedap rasa untuk wajah.

“Tulisan di pencariannya: bahaya Ajinomoto untuk wajah,” ujar akun @asyifasalsa45.

Namun banyak juga komentar-komentar lucu yang menganggap konten ini hanya lelucon belaka.

“Tambah bawang putih garem kecap sama bakso nya kakak ready,” kata akun @Nanskyyyy.

“Saya suka nonton tiktoknya kakak lucunya yang saya suka,” ucap akun @hemildayanti859.