Sabtu, 21 September 2024
Sabtu, 21 September 2024

E-Sports Bukan Sekadar Main Game, Tapi Ada Potensi Besar di Banyak Sektor

HOLOPIS.COM, JAKARTA – E-sports di Indonesia terus berkembang, namun dalam ekosistemnya tidak sekadar main game atau turnamen saja. Menurut Pengurus Besar Esports Indonesia (PBESI), industri e-sports juga punya potensi lainnya di berbagai sektor.

“Namun, esports adalah cabang olahraga yang telah menjadi industri besar dengan potensi ekonomi, sosial dan budaya yang luar biasa yang menyentuh sektor olahraga prestasi, ekonomi kreatif, pariwisata, teknologi, dan bahkan pendidikan,” kata Ketua Harian PBESI, Bambang Sunarwibowo, dalam keterangan yang diterima Holopis.com, Senin (5/12).

Bambang menambahkan, melalui Indonesia Esports Summit 2022, dapat menciptakan sinergi untuk tujuan pemberdayaan, dan optimalisasi di seluruh sektor yang menjadi ekosistemnya. Apalagi e-sports membutuhkan keseriusan, kecerdasan, kreativitas, dan integritas.

Sebagai Informasi, IES 2022 sudah dimulai sejak tanggal 2 Desember lalu. Acaranya sendiri dibuka langsung Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Republik Indonesia, Zainudin Amali

“Penyelenggaraan ajang internasional yang spektakuler ini merupakan lompatan besar dalam visinya sebagai kekuatan terdepan di Asia, bahkan dunia. Semoga perhelatan ini menjadi titik awal dimulainya sejarah baru untuk memberikan kontribusi besar e-sports untuk bangsa dan negara,” ujar Zainudin.

Indonesia Esports Summit 2022 sendiri memiliki agenda utama, yakni IESF 14th World Esports Championships Bali 2022. Acara tersebut digadang-gadang menjadi kompetisi esports terbesar di dunia, dengan menghadirkan 688 atlet dari 105 negara.

Untuk game yang dipertandingkan ada enam judul, mulai dari Counter-Strike: Global Offensive, PUBG Mobile, Mobile Legends, eFootball 2023, Dota 2, dan Tekken 7. Keseruannya berlangsung selama 10 hari, mulai dari 2-11 Desember 2022.

Hal ini pun diapresiasi oleh Presiden IESF, Vlad Marinescu. Dirinya menyatakan kalau Indonesia melebihi ekspektasi sebagai tuan rumah kejuaraan dunia esports.

“Kalian semua di sini di negara yang indah ini dan mereka yang menonton adalah bukti dan cerminan dari pertumbuhan dan kemajuan Keluarga Esports Dunia,” pungkasnya.

Bagi penggemar esports di Tanah Air yang belum sempat menyambangi Bali, bisa melihatnya secara online. Tayangan langsung dapat disaksikan melalui channel Youtube PBESI dan Garudaku.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Asal Muasal Mitos ‘Ada yang Rindu Jika Bulu Mata Rontok’

Mitos tentang bulu mata yang rontok dan kepercayaan bahwa ada yang merindukan kita sudah ada sejak lama didengar, bahkan dipercayai di berbagai budaya.

Catat! Mulai Besok Tarif Tol Dalam Kota Jakarta Naik Jadi Segini…

Tarif tol dalam kota Jakarta akan dilakuka penyesuaian alias naik, yang berlaku mulai tanggal 22 September 2024 pukul 00.00 WIB. Besaran kenaikan tarif, berkisar Rp 500 hingga Rp 1500.

Tips Selamatkan Diri dari Banjir Bandang

Banjir bandang adalah salah satu bencana alam yang dapat terjadi secara tiba-tiba dan memiliki dampak yang sangat merusak.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru