HOLOPIS.COM, JAKARTA – MotoGP yang berlangsung di sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggar Barat (NTB), disamakan dengan balapan Formula 1 yang berlangsung di Amerika Serikat oleh CEO Dorna Sports, Carmelo Ezpeleta.

Dukutip Hoplopis.com dari Marca, Minggu (4/12), Ezpeleta menjelaskan Formula 1 punya penggemar tersendiri di Amerika Serikat. Sehingga ia ingin mengembangkan cara yang sama di Asia.

Apalagi pasar MotoGP paling besar adalah di Asia, dengan pabrikan Yamaha dan Honda. “Ini sangat penting balapan di Asia bagi pabrikan. Kami akan balapan di India, yang dalam beberapa tahun akan memiliki populasi terbesar di dunia. Termasuk Indonesia, itu Amerika kami,” kata Ezpeleta.

“Amerika Serikat merupakan negara ekonomi yang kuat dan penting untuk meningkatkan daya tarik (MotoGP) di sana. F1 ada di Las Vegas bertahun-tahun yang lalu dan itu bukan acara yang sukses seperti sekarang. Balapan memang penting, tetapi semua bumbu di sekitar berpengaruh. F1 membuktikan kalau Amerika Serikat adalah benteng yang kuat,” sambungnya.

Salah satu cara yang diterapkan Ezpeleta di MotoGP, yakni dengan balap Sprint Race tiap pekan pada musim 2023. Selain itu, ada juga jumpa fans untuk meningkatkan interaksi pebalap dengan penggemar.

“Aku belajar banyak dari F1 selama beberapa tahun terakhir, dan sekarang hubunganku dengan Stefano (CEO F1) lebih kuat. Kita tiru apa yang bisa kita tiru,” ungkap Ezpeleta.