HOLOPIS.COM, JAKARTA – Motor retro atau klasik Solar Groove meluncur dalam pameran Thailand Motor Expo 2022, motor tersebut merupakan produksi  Thrillion Motor Co., Ltd., yang berbasis di Thailand.

Dari segi tampilan, Solar Groove mirip dengan motor pabrikan asal Jepang Honda Supercub C125. Tampilan retro terlihat dari bentuk lampu depan yang bulat, kemudian pada bagian sayap samping jadi satu.

Lalu, spakbor dipasang menjadi satu dengan bodi motor dan silincer knalpot dibuat memanjang. Tempat duduk, menggunakan model yang terpisah yang seperti sadel sepeda.

Nuansa oldies masih terasa, dengan penutup rantai yang tertutup ala motor supercub. Penggunaan velg jari – jari yang dibalut ban tahu dengan ground clearance mencapai 177 mm untuk tipe yang adventure. Sistem pengeraman masih menggunakan tromol, menambah kesan oldies.

Solar Groove Cross
Solar Groove Cross hadir bagi para pecinta motor klasik. [Foto : Dok Motorexpo Thailand]
Solar Groove menggunakan mesin yang masih pakai sistem karburator. Kapasitas mesin, yakni 125 cc satu silinder, SOHC, 4-tak dan berpendingin udara. Pengapiannya CDI (Capasitor Discharge Ignition), tapi sudah dibekali electric starter dan kick starter

Mesin Solar Groove bisa menghasilkan tenaga 8,1 hp di 8.000 rpm dan torsi maksimal 8,8 Nm di 6.000 rpm. Tenaga itu disalurkan melalui transmisi 4-percepatan. Motor ini diklaim bisa berlari hingga 90 km/jam.

Ada beberapa jenis Solar Groove yang ditawarkan, misalnya Solar Groove Urban untuk desain retro, dan Groove Cross 125 yang punya gaya ala motor petualang . Harga Solar Groove di thailand, dibanderol mulai dari 39.900 baht atau sekitar Rp 17 jutaan.