HOLOPIS.COM, JAKARTA – Gunung Semeru yang terletak di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur mengalami erupsi pada Minggu pagi ini.

Berdasarkan pantauan Pusat Vulkanologi Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Kementerian ESDM, Awan panas guguran (APG) meluncur sejauh 7 tujuh kilometer (km) dari puncak kawah jonggring saloko ke arah tenggara dan selatan.

“Erupsi ini terekam di seismograf dengan amplitudo maksimum 35 mm dan durasi 0 detik,” tulis Mukdas Sofian dalam keteranganya yang dikutip Holopis.com, Minggu (4/12).

Dalam laporannya, Mukdas menjelaskan kolom abu dengan intensitas sedang hingga tebal setinggi 1,5 meter dari puncak kawah terjadi pada pukul 02.56 dini hari tadi.

Adapun dari sisi gempa, Mukdas mengatakan pihaknya mencatat adanya gempa letusan sebanyak delapan kali, dengan amplitudo berkisar antara 18-22 mm berdurasi 65-120 detik.

Mukdas pun mengimbau warga untuk tidak melakukan aktivitas apapun di sektor tenggara di sepanjang Besuk Kobokan sejauh 13 kilometer dari puncak.

“Di luar jarak itu, masyarakat diminta tidak beraktivitas karena berpotensi terlanda perluasan awan panas dan aliran lahar hingga jarak 17 kilometer dari puncak,” pungkasnya.