HOLOPIS.COM, JAKARTA – Elon Musk akan segera melakukan uji coba menanam chip pada otak manusia, dimana sebelumnya perusahaan Startup brain-control interfaces (BCI), Neuralink yang didirikan telah melakukan banyak uji coba termasuk kepada hewan.

Dikutip Holopis.com dari Engadget, Minggu (4/12) uji coba terhadap manusia ini dilakukan untuk hubungkan otak manusia ke komputer, yang akan dilaksanakan sekitar 6 bulan lagi.

“Kami pikir mungkin dalam waktu sekitar 6 bulan, kami seharusnya dapat menginstal Neuralink pada manusia,” kata Musk.

Sebelumnya, Neuralink pernah gagal saat melakukam uji coba tanamkan BCI ke otak monyet. Bahkan, monyet yang jadi bahan uji coba itu mati mengenaskan di University of California. Peristiwa itu, membuat banyak pihak marah.

Namun, Musk mengatakan saat uji coba dilakukan melewati prosedur keamanan yang ketat. “Kami sangat berhati-hati dan kami selalu menginginkan perangkat itu, kapan pun kami melakukan implan, baik pada domba, babi, atau monyet, sebagai konfirmasi, bukan eksplorasi,” ungkapnya.

Neuralink saat ini masih bekerja keras untuk mendapatkan persetujuan FDA untuk implannya, meskipun perusahaan tersebut dianugerahi Penunjukan Perangkat Terobosan agensi pada Juli 2020.

Tidak jelas apakah Musk akan benar-benar mendapat izin untuk melakukan uji coba implan BCI ke otak manusia dalam waktu 6 bulan ke depan. Jadi kita tunggu saja perkembangan kabarnya.

Untuk diketahui, pemasangan BCI ke otak manusia, menurut Musk akan memberikan manfaat bagi penyandang disabilitas berat dengan meningkatkan kemampuan mereka untuk berinteraksi dengan lingkungannya.

Musk menilai, jika uji coba terhadap manusia berhasil, maka akan memberikan kemandirian baru dalam kehidupan sehari-hari.

Musk menyebut, BCI akan bertugas layaknya smartphone yang merupakan perpanjangan dari diri penggunanya. Namun dengan BCI, tidak lagi ada batasan-batasan karena semuanya diproses dengan pikiran.

“Jika Anda berinteraksi dengan telepon, itu dibatasi oleh kecepatan gerak ibu jari Anda, atau kecepatan bicara ke telepon Anda. Dengan BCI dapat mengirimkan puluhan, mungkin seratus bit data per detik,” terangnya.