HOLOPIS.COM, JAKARTA – Ahli Epidemiologi Universitas Indonesia (UI) Pandu Riono menyampaikan, bahwa Pandemi Covid-19 hingga saat ini sudah mulai terkendali.

Karena itu, pria yang akrab disapa Juru Wabah tersebut mempersilahkan masyarakat untuk melakukan aktivitas tahunan, seperti pulang kampung dan silaturahmi saat perayaan natal dan tahun baru (nataru).

“Kondisi pandemi sudah terkendali. Silakan penduduk untuk melakukan perjalanan atau kumpul-kumpul untuk merayakan natal dan pergantian tahun 2022-2023,” kata Pandu melalui cuitan di akun Twitter pribadinya yang dikutip Holopis.com, Sabtu (3/12).

Dengan melihat kondisi pandemi Covid-19 saat ini, mennurut Pandu, pelarangan ataupun pembatasan kegiatan masyarakat di hari-hari besar, yang rawan akan peningkatan mobilitas masyarakat, seharusnya sudah tak perlu lagi diterapkan pada perayaan nataru tahun ini.

“Tidak perlu ada pelarangan atau pembatasan kegiatan. Kondisi pandemi sudah terkendali,” ujarnya.

Meski demikian, Pandu tetap mengingatkan kepada masyarakat untuk segera melengkapi vaksinasi Covid-19 hingga dosis ketiga alias booster. Dia juga mengingatkan masyarakat untuk tetap menjalankan protokol kesehatan (prokes) guna mencegah penularan virus Corona.

“Jangan lupa lengkapi vaksinasi dan tetap prokes,” pungkasnya.