HOLOPIS.COM, JAKARTA – Hari ini, tanggal 3 Desember diperingati sebagai Hari Bakti Pekerjaan Umum (PU). Hari Bakti PU 2022, menjadi tahun peringatan yang ke-77 tahun. Namun, bagaimana sejarahnya?

Seperti yang dikutip Holopis.com dari situs Kementrian PUPR, Sabtu (3/12), Hari Bakti PU bertujuan untuk mengenang pertempuran bersejarah yang terjadi di Gedung Vam Verkeer En Waterstaat pada 3 Desember 1945. Perlu kamu ketahui, Gedung tersebut kini menjadi Gedung Sate Bandung.

Di hari bersejarah itu, sekitar pukul 11.00 WIB pasukan tentara sekutu (NICA) mengepung Gedung Sate itu menggunakan senjata-senjata lengkap dan modern. Saat itu, Gedung Sate hanya dijaga oleh 21 petugas Gerakan Pemuda Pekerjaan Umum.

Mesti tampaknya banyak kekurangan, petugas-petugas itu tidak menyerah dengan mudah. Perlawanan yang berat dan membahayakan nyawa dilewati demi mempertahankan Gedung.

Lalu, pertempuran hebat yang tidak seimbang di Gedung Sate itu berakhir pukul 14.00. Dalam peristiwa bersejarah itu, tercatat 7 petugas PU telah gugur. Hingga saat ini, jenazah mereka tidak ditemukan keberadaannya.

Ke-7 petugas PU yang gugur dalam pertempuran dahsyat itu adalah Muchtaruddin, Didi Hardianto Kamarga, Soehodo, Rio Soesilo, Soebengat, Soerjono, dan Ranu. Kini, nama-nama mereka dikenang sebagai Pahlawan Sapta Taruna.