Sabtu, 28 September 2024
Sabtu, 28 September 2024
NewsEkobizAnak Muda Tak Boleh Terjebak Narasi Indonesia Emas 2045, Ini Alasannya

Anak Muda Tak Boleh Terjebak Narasi Indonesia Emas 2045, Ini Alasannya

HOLOPIS.COM, JAKARTA –Indonesia Emas 2045 memang menjadi jargon dan cita-cita besar yang disampaikan oleh para tokoh, bahkan oleh pemerintah pusat sekalipun. Berbagai seminar dan kajian dilakukan untuk memproyeksikan bahwa tahun 2045 Indonesia akan menjadi negara maju.

Pun demikian, perspektif itu tidak boleh hanya sekedar menjadi harapan semata. Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati meminta agar generasi millenial (Gen Z) tidak terlena dengan janji manis Indonesia 2045 jadi negara maju. Karena bisa saja, di usia 100 tahun Indonesia nanti, situasinya bisa malah berbalik.

“Banyak negara yang sudah merdeka lebih dari 100 tahun juga. Banyak yang mencapai suatu kemajuan, tapi ada juga yang jalan di tempat, bahkan mengalami set back,” kata Sri Mulyani dalam Mofest 2022 seperti dikutip Holopis.com, Kamis (1/12).

Dengan demikian, bendahara Indonesia itu tak ingin generasi muda termakan begitu saja atas janji-janji Indonesia 2045 yang banyak didengungkan oleh banyak kalangan. Perlu ada semangat dan kerja keras oleh semua pihak dan semua lapisan bahwa Indonesia Maju bisa terwujud di satu abad Indonesia merdeka.

“Kita tidak boleh taken for granted as in the future itu it’s gonna be destiny yang fix, oh yang bagus deh, Indonesia 2045 pasti akan lebih bagus dari sekarang,” tuturnya.

Untuk menjadi negara maju, Indonesia harus menyiapkan mentalnya, dan mental itu kata Sri Mulyani harus dimiliki oleh seluruh generasi bangsa saat ini.

“Itu enggak bener. Kalau kalian mentally, secara mental, secara sikap taken for granted, menerima saja dan berasumsi bahwa masa depan itu akan selalu lebih baik dibandingkan sekarang, karena ada negara yang set back,” tegasnya.

Lebih lanjut, mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia (World Bank) tersebut menuturkan, bahwa pada tahun 2045 nanti, negara pasti akan berada di bawah kendali generasi yang saat ini disebut Milenial. Maka dari itu, mental maju dan semangat untuk mewujudkan Indonesia Emas harus diusahakan agar bisa tercapai.

“Kalau kita ingin 2045, in wich all of you is gonna be at the peak of your career, Anda tentu mengharapkan Indonesia yang punya banyak sekali kesempatan, banyak sekali peluang, banyak sekali alternatif terhadap berbagai macam talent, dan aset generasi muda yang memang membutuhkan dan dibutuhkan,” tandasnya.

Sri Mulyani pun menilai, usia 100 tahun Indonesia pada 2045 tergolong masih lebih muda dibanding banyak negara maju. Sebagai perbandingan, Amerika Serikat saja kini sudah berusia lebih dari 200 tahun.

Lalu negara-negara Uni Eropa, China hingga Timur Tengah pun telah mengalami evolusi abad ke abad sejak mereka masih berbentuk kerajaan.

So, untuk Indonesia mencapai 2045 lihat antar negara, for sure, kita memiliki keyakinan karena waktu merdeka dilandasi cita-cita para founding fathers dan mothers kita, yang menginginkan Indonesia jadi negara sejahtera, adil dan makmur,” imbuhnya.

Google News

Temukan kamu di Google News dan jangan lupa klik ikon bintang untuk mengetahui semua berita terbaru dari kami.

WhatsApp Channel

Follow WhatsApp Channel Holopis.com untuk mendapatkan 10 berita terbaru setiap hari dari tim Redaksi.

Baca Juga

Prabowo Gibran 2024 - 2029

BERITA TERBARU

Lainnya
Related

Jelang Akhir Pekan, IHSG Malah Ditutup Tak Bergairah

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) terpantau melemah pada penutupan perdagangan menjelang akhir pekan, Jumat 27 September 2024.

ESDM Targetkan Tambahan Kapasitas PLTB 5 GW hingga 2030

Pemerintah melalui Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) bersama dengan PT PLN (Persero) tengah menyusun Rencana Umum Penyediaan Tenaga Listrik (RUPTL) tahun 2025-2035 serta Rencana Umum Ketenagalistrikan Nasional (RUKN).

Harga Emas Antam Hari ini Stagnan Lagi, Per Gram Dibanderol Segini

Harga emas batangan bersertifikat keluaran PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) alias emas Antam terpantau tidak mengalami perubahan alias stagnan pada perdagangan hari ini, Jumat 27 September 2024.

Harga Emas di Pegadaian Turun Tipis Hari ini, Cek Rinciannya

Harga emas batangan bersertifikat yang dijual di PT Pegadaian (Persero) terpantau mengalami penurunan tipis pada perdagangan hari ini, Jumat 27 September 2024.