HOLOPIS.COM, CIANJUR – Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Letjen Suharyanto memastikan bahwa pemerintah telah menyiapkan lahan untuk relokasi para korban gempa Cianjur.

Dimana ada belasan hektar yang telah disiapakn tersebar di beberapa lokasi yang akan segera dibangun pemerintah dalam waktu dekat.

“Jadi 16 hektar telah disiapkan. Nanti Bupati dan tim yang akan menentukan siapa dan penduduk mana yang akan pindah ke sini,” kata Suharyanto dalam keterangannya yang dikutip Holopis.com, Kamis (1/12).

Dalam peninjauannya di salah satu wilayah yakni Desa Sirnagalih Kecamatan Cilaku, Suharyanto memastikan warga yang direlokasi akan mendapatkan ganti rumah di tempat yang telah disediakan.

“Begitu yang direlokasi sudah punya rumah dan hak tanah baru, tanah warga yg lama akan dikelola pemerintah agar warga tidak balik lagi ke sana,” tegasnya.

Suharyanto menjelaskan, alasan pelarangan warga yang direlokasi untuk kembali karena faktor keselamatan serta pemanfaatan lahan tersebut untuk kepentingan lainnya.

“Rumah yang lama akan dijadikan daerah resapan air dan daerah hijau, sehingga tidak dihuni lagi oleh masyarakat karena dikhawatirkan jika gempa terjadi lagi di situ, minimal korbannya tidak banyak,” jelasnya.