HOLOPIS.COM, JAKARTA – Google Doodle hari ini tampilkan Jerry Lawson, ia merupakan orang yang melakukan pengembangan sistem video game rumahan pertama dengan cartridge yang bisa dilepas pasang.

Lawson adalah sosok pria kelahiran 1 Desember 1940, yang menempuh pendidikan di Queens College dan City College of New York sebelum pindah ke Palo Alto, California.

Awal kariernya, Lawson bergabung dengan Fairchild Semiconductor sebagai engineering consultant. Kemudian, setelah beberapa tahun ia dipercaya menjadi Director of Engineering and Marketing untuk divisi video game Fairchild.

Dikutip Holopis.com dari Blog Google, Kamis (1/12), Lawson mengepalai tim yang kemudian mengembangkan konsol Fairchild Channel F.

Jerry Lawson
Jerry Lawson merupakan pencetus sistem video game rumahan pertama dengan cartridge yang bisa dilepas pasang. [Foto : Ist]
Ini merupakan sistem konsol game rumahan pertama yang memiliki cartridge game yang bisa dilepas pasang, digital joystick delapan arah, dan menu pause. Ini jadi awal mula munculnya, konsol game masa depan seperti Atari, SNES, Dreamcast, dan lainnya.

Lawson memutuskan hengkang dari Fairchild pada tahun 1980, dan membangun sebuah perusahaan pengembang video game pertama milik orang kulit hitam yang bernama VideoSoft.

Perusahaan itu menciptakan game untuk Atari 2600, yang mempopulerkan cartridge game buatan Lawson dan timnya.

Meski usia VideoSoft hanya bertahan lima tahun, Lawson sukses mencatatkan namanya sebagai pionir di industri gaming dan ia terus terlibat di beberapa perusahaan video game sepanjang kariernya.

Lawson meninggal dunia pada 9 April 2011 karena komplikasi akibat diabetes. Tapi namanya tetap dikenal karena kontribusinya yang besar terhadap industri gaming.