HOLOPIS.COM, JAKARTA – Peringatan dini disampaikan BMKG (Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika), terkait dengan potensi cuaca hujan lebat yang bisa disertai kilat atau petir dan angin kencang pada Kamis (1/12) yang berpotensi terjadi di sejumlah wilayah.

Menurut BMKG, wilayah di bagian wilayah Provinsi Aceh, Bali, Bangka Belitung, Banten, Bengkulu, Gorontalo, Jambi, Jawa Barat, dan Jawa Timur, berpeluang terjadi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang.

Kemudian hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang, berpotensi terjadi di Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Lampung, Maluku, Maluku Utara, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Papua, dan Papua Barat.

Potensi yang sama juga berpeluang terjadi di wilayah Provinsi Riau, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Utara, Sumatra Barat, Sumatra Utara, dan Sumatra Selatan.

BMKG mengingatkan untuk selalu waspada saat beraktivitas di luar rumah, karena hujan lebat dan angin kencang bisa menyebabkan bencana hidrometeorologi seperti banjir dan tanah longsor.