Jumat, 27 September 2024
Jumat, 27 September 2024
NewsEkobizBatal Beli, PT MRT Jakarta Pilih Suntik Dana ke PT KCI

Batal Beli, PT MRT Jakarta Pilih Suntik Dana ke PT KCI

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Syafrin Liputo mengatakan, bahwa pihaknya telah membatalkan rencana Pemerintah Provinsi (Pempov) DKI Jakarta mengakuisisi PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) lewat PT MRT Jakarta.

Namun demikian, pola bisnis yang diambil akhirnya beralih dengan memberikan tambahan modal dari PT MRT Jakarta untuk KCI. Saat ini, Pemprov DKI lewat PT MRT memiliki 49 persen saham di PT KCI.

“Jadi tidak lagi kita melihat akuisisi, tetapi bagaimana penyertaan modal MRT,” kata Syafrin Liputo di Balai Kota DKI seperti dikutip Holopis.com, Rabu (30/11).

Syafrin menuturkan, dengan adanya penambahan modal ini bisa menyatukan operasional KCI dengan sistem transportasi di ibu kota.

“Barang kali penyertaan modal dari MRT ke KCI sehingga bisa lebih menyatu dari sisi operasional,” paparnya.

Syafrin melanjutkan, saat ini pihaknya masih melakukan pembahasan terkait rencana ini. Diharapkan nantinya kesepakatan yang diambil tak berbenturan dengan regulasi.

“Saat ini masih dilakukan koordinasi, konsolidasi, kita harapkan seluruhnya sesuai dengan apa namanya, regulasi yang ada. Jadi seperti itu,” pungkasnya.

Di sisi lain, DPRD DKI Jakarta memutuskan memangkas pengajuan Penyertaan Modal Daerah (PMD) untuk Pemprov DKI mengakuisisi PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) jadi Rp 100 miliar. Awalnya, Pemprov DKI mengajukan anggaran sebesar Rp 500 miliar.

Hal ini tertuang dalam Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (RAPBD) 2023 yang sudah disepakati Pemprov dan DPRD DKI.

“Kemarin dianggarkan awalnya Rp 500 miliar, fiksnya Rp 100 miliar,” ujar Ketua Komisi B DPRD DKI, Ismail di Jakarta, Rabu (30/11).

Ismail melanjutkan, pemangkasan PMD ini dilakukan karena rencana akuisisi ini masih dibahas oleh Pemprov DKI bersama PT Kereta Api Indonesia (KAI). Kedua pihak disebutnya belum menentukan akan melakukan merger atau akuisisi.

Pemberian PMD ini juga disebutnya sebagai formalitas agar pagu anggaran akuisisi PT KCI tetap masuk dalam APBD 2023.

“Masih menunggu hasil pembahasan bersama dengan PT KAI modelnya seprrti apa, karena belum disepakati apakah ini merger atau akusisi atau gimana. Sehingga, kemarin disepakati dianggarkan dulu Rp 100 miliar. Tujuannya biar ada rumahnya dulu,” ujarnya

Google News

Temukan kamu di Google News dan jangan lupa klik ikon bintang untuk mengetahui semua berita terbaru dari kami.

WhatsApp Channel

Follow WhatsApp Channel Holopis.com untuk mendapatkan 10 berita terbaru setiap hari dari tim Redaksi.

Baca Juga

Prabowo Gibran 2024 - 2029

BERITA TERBARU

Lainnya
Related

Harga Beras Indonesia Disebut Paling di ASEAN, Begini Kata Jokowi

Bank Dunia menyebut, bahwa harga beras di Indonesia merupakan yang paling mahal di kawasan ASEAN. Bahkan tingkat harga beras di Tanah Air di sebut 20 persen lebih mahal ketimbang negara lain.

Jokowi Ajari Warga Minta Prabowo Lanjutkan Program Bantuan Beras

Presiden Jokowi (Joko Widodo) berharap agar masyarakat bisa ikut bersuara untuk meminta program bantuan pangan bisa berlanjut di pemerintahan mendatang.

Investor Saham Makin Banyak, Jumlahnya per September 2024 Capai 6 Juta Orang

Bursa Efek Indonesia (BEI) mencatat jumlah investor di pasar saham terus mengalami peningkatan. Dimana sampai dengan akhir September 2024 ini, jumlah investor saham menembus 6 juta single investor identification (SID).

Jokowi Harap Probowo Lanjutkan Program Bansos Beras

Presiden Joko Widodo (Jokowi) berharap agar Presiden terpilih Prabowo Subianto bisa melanjutkan program bantuan sosial (bansos) berupa beras sebesar 10 kilogram (kg), usai dirinya tak lagi menjabat sebagai Kepala Negara.