HOLOPIS.COM, JAKARTA – Motor listrik akan dapatkan subsidi dari pemerintah, sebesar Rp 6,5 juta. Rencana tersebut diungkap, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan yang dikutip Holopis.com dari kanal YouTube resmi PermataBank, Kamis (1/12).

“Makanya ini segera kita luncurkan dengan subsidi. Misalnya motor ini kita lagi finalisasi berapa juta kita mau kasih subsidi, mungkin sekitar Rp 6 juta. Di Thailand mungkin subsidi Rp 7 juta, di kita mungkin sekitar Rp 6,5 juta,” kata Luhut.

“Mobil juga kita kasih subsidi karena dia tidak akan membeli bensin lagi. Tetap akan lebih untung menggunakan sepeda motor listrik daripada sepeda motor (menggunakan bahan bakar) fosil, begitu juga mobil,” lanjutnya.

Tidak hanya itu, Luhut juga ungkapkan jika pemerintah juga tengah menyiapkan konversi atau tukar mesin sepeda motor dengan sepeda motor listrik.

Penggunaan kendaraan listrik menurut Luhut, bisa membuat kualitas udara jadi lebih baik. Karena, kendaraan listrik tidak mengeluarkan asap yang jadi penyebab polusi.

Sebagai informasi, insentif khusus disiapkan pemerintah untuk memperbanyak penggunaan kendaraan listrik di Indonesia. Selain itu, pemerintah juga ingin buat harga konversi motor konvensional ke listrik jadi murah.