HOLOPIS.COM, JAKARTA – Pimpinan kelompok jihad Islamic State of Iraq and Syria (ISIS), Abu Hasan al-Hashimi al-Qurashi dikabarkan tewas dalam sebuah pertempuran di Suriah. Hal ini pun disambut baik oleh Amerika Serikat (AS).

Dikutip Holopis.com dari Reuters, Kamis (1/12), pimpinan ISIS tersebut kabarnya tewas dalam sebuah operasi yang dilakukan oleh pemberontak Tentara Pembebasan Suriah, pada pertengahan Oktober di Provinsi Daara, Suriah.

Meniykapi hal tersebut, pihak militer AS sendiri mengatakan sekaligus menegaskan bahwa, tidak ada pasukan militer AS yang terlibat dalam operasi, yang menewaskan pimpinan ISIS itu.

Kabar tewasnya pimpinan ISIS tersebut turut mengundang respon AS, dimana Gedung Putih melalui John Kirby selaku Juru Bicara (Jubir) Dewan Keamanan Nasional AS, menyambut baik kematian Abu Hasan al-Hashimi al-Qurashi.

Abu Hasan al-Hashimi al-Qurashi
Abu Hasan al-Hashimi al-Qurashi.

Diketahui, pada Rabu (30/11) kemarin, sempat geger di muka publik bahwa ISIS melalui Jubirnya mengatakan bahwa, pimpinan Abu Hasan al-Hashimi al-Qurashi tewas dalam sebuah pertempuran.

Dalam pernyataannya itu, turut dikatakan bahwa Abu Hasan al-Hashimi al-Qurashi terbunuh saat ‘memerangi musuh Tuhan’.

Tak dijelaskan lebih detail, apa maksud pernyataannya tewas ‘memerangi musuh Tuhan’. Namun yang pasti, kini ISIS dilaporkan telah memilih pimpinan baru atas nama Abu al-Hussein al-Husseini al-Quraishi.

Selain itu, mereka juga mendesak kepada seluruh anggotanya untuk berjanji setia kepada pemimpin barunya tersebut, dengan menyebut bahwa ‘dia adalah salah satu putra setia negara Islam’.