HOLOPIS.COM, JAKARTA – Polisi masih melakukan penyelidikan kasus kematian satu keluarga di Kalideres, Jakarta Barat.

Terbaru, pihak kepolisian menemukan barang-barang yang diduga dijadikan alat ritual satu keluarga tersebut, seperti kemenyan dan kain yang berisikan mantra-mantra.

“Di kain, ada beberapa. Diduga mantra,” kata Direktur Reskrimum Polda Metro Jaya, Kombes Pol Hengki Haryadi dalam keterangannya yang dikutip Holopis.com, Rabu (30/11).

Hengki Haryadi mengatakan, sejumlah kain tersebut kini telah diamankan oleh penyidik untuk selanjutnya diteliti bersama tim ahli.

“Lagi kami teliti,” katanya.

Hengki menuturkan temuan baru yang diungkap penyidik menunjukkan adanya aktivitas ritual yang dilakukan oleh keluarga Kalideres.

“Ada kecenderungan salah satu keluarga yang dominan yang mengarah kepada almarhum Budyanto bahwa yang bersangkutan memiliki sikap positif terhadap aktivitas ritual tertentu,” katanya.

Sebagai informssi, Budyanto merupakan salah satu anggota keluarga yang menjadi korban. Dia berstatus sebagai paman dalam keluarga tersebut.

Aktivitas Budyanto itu diduga diikuti oleh tiga anggota keluarga lainnya yang turut menjadi korban. Para korban itu percaya lewat ritual yang dijalankan hidup mereka akan menjadi lebih baik.

“Hal ini mengakibatkan adanya suatu believe dalam keluarga tersebut bahwa upaya untuk membuat kondisi lebih baik atau mengatasi masalah yang terjadi dalam keluarga dilakukan melalui ritual tertentu,” jelas Hengki.