HOLOPIS.COM, JAKARTA – Tim SAR kembali turun ke medan operasi untuk mencari 14 korban gempa Cianjur hari ini, Minggu (27/11).

Sebagaimana rilis yang diterima Holopis.com dari Basarnas, Minggu (27/11), di hari ke-7 pencarian korban gempa Cianjur, operasi SAR masih menggunakan skema yang sama yakni dibagi menjadi 3 area pencarian.

Untuk Tim 1 (Tim Alfa) beroperasi di Warung Sate Shinga, Tim 2 (Tim Bravo) di wilaya Cijedil dan Tim 3 (Tim Charlie) di Kp. Cicadas.

Dalam hal ini, Jumaril selaku Kepala Kantor SAR Bandung yang juga merupakan SAR Mission Coordinator (SMC) saat membriefing para personel menyampaikan, bahwa hari ini akan memberdayakan seluruh sumber daya yang ada untuk memaksimalkan target pencarian.

Untuk kekuatan personil sendiri, operasi SAR hari ini melibatkan sebanyak 1.854, terdiri dari tim Basarnas dan Potensi SAR dari 231.

Sementara, ada pun kendala pencarian korban sama seperti sebelumnya yakni cuaca hujan, gempa susulan, medan yang curam dan kondisi tanah yang labil.

“Ada safety officer di masing-masing tim untuk memantau dan menganalisis resiko saat tim SAR bekerja. Kendala-kendala itu menjadi tantangan kami, di atas itu semua, keselamatan tim SAR tetap yang utama,” ungkap Jumaril.

Sesuai informasi, dari 14 korban yang belum ditemukan, 12 korban diantaranya berada di Cijedil RT 03 RW 01, dan dua korban lainnya di Kp. Cicadas.

Diketahui, total keseluruhan korban gempa Cianjur sendiri sampai saat ini telah mencapai 318 orang dengan 7.729 orang yang mengalami luka-luka.