HOLOPIS.COM, JAKARTA – Member BTS Jeon Jungkook menuai rekor dunia sebagai artis Asia pertama yang mengisi opening Piala Dunia di Qatar.

Keistimewaan piala dunia 2022 ini diikuti modal besar yang harus dikeluarkan panitia penyelenggara.

Sudah bukan rahasia, untuk bekerjasama dengan BTS membutuhkan biaya premium. Lantas, jika ditotal, berapa pengeluaran yang dihabiskan untuk Jungkook?

1. Tiket pesawat

Dalam kegiatan luar negeri, member BTS kerap menggunakan pesawat kelas bisnis. Jika Jungkook menggunakan maskapai Qatar Airways, estimasi biaya sekali jalan 3.205.600 won atau sekitar Rp32,5 juta jika kurs 100 Won adalah Rp1.180.

2. Hotel

Popularitas BTS yang mendunia, diikuti juga dengan tingkat privasi yang tinggi. Tidak ada informasi resmi hotel tempat Jungkook menginap selama di Qatar. Namun dari berbagai informasi yang tersedia melalui akun fanbase ataupun gambar yang beredar, Jungkook bersama tim menginap di The Chedi Katara Hotel and Resort Qatar.

3. Biaya Kerja Sama

Secara rinci, belum ada konfirmasi resmi baik dari FIFA ataupun Qatar, sebagai tuan rumah, perihal rate fee yang diberikan untuk Jongkook. Namun, koreaboo.com, pernah mengulas bahwa biaya kerjasama iklan dengan BTS berkisar USD 3 juta – USD 4,5 juta.

Jumlah tersebut merupakan biaya termahal sepanjang sejarah dunia hiburan di Korea. Dijelaskan dalam artikel tersebut, dalam industri Korea, pengguna jasa artis dalam sebuah proyek ditentukan berdasarkan level. Dan level S merupakan level tertinggi.

“Selebriti S-level bisa mendapatkan 1 miliar won per iklan. Artinya, biaya minimal BTS masih lebih tinggi dari selebriti S level,” demikian penjelasan artikel yang dikutip Holopis.com.