HOLOPIS.COM, JAKARTA – Pasca pembukaan pertandingan Piala Dunia Qatar 2022, ada banyak sampah berserakan yang ditinggalkan penonton di tribun Al Bayt Stadium. Kondisi ini sangat memperihatinkan sekali, betapa suporter tidak bisa menghargai kebersihan.

Namun di tengah situasi itu, ada penampakan yang sangat menarik. Dimana para suporter Jepang tampak sibuk memungut sampah dan membersihkannya, padahal sampah-sampah itu bukan dari mereka atau sesama suporter dari Jepang. Bahkan pada saat itu pula, tim yang bermain bukan dari timnas negaranya, akan tetapi antara Qatar dan Ekuador.

Saat ditanya apa alasan mereka memungut sampah, salah satu suporter yang menjadi sukarelawan dadakan itu memberikan jawaban yang sangat mengharukan.

“Kami orang-orang Jepang tidak pernah meninggalkan sampah di sekitar kami. Kami menghormati tempat tersebut,” kata dia dalam tayangan QatarLiving dikutip Holopis.com, Rabu (23/11).

Insiden tersebut berlangsung pada pertandingan pembuka di hari Minggu (20/11). Mereka melakukan aktivitas sosial itu tanpa pamrih. Bahkan mereka menegaskan tak melakukan itu hanya agar viral atau disorot kamera.

“Bukan agar direkam,” tegas suporter Jepang lainnya.

Budaya menjaga kebersihan ini mendapatkan sanjungan dari reporter Qatar. Ia merasa kagum dan baru kali ini melihat aktivitas yang sangat mengharukan dan mengagumkam.

https://www.instagram.com/p/ClOCNvoKzFq/