Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024

Hari Pohon Sedunia : Sejarah Usaha Manusia Menjaga Lingkungan

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Tanggal 21 November menjadi sebuah peringatan Hari Pohon Sedunia yang telah ditetapkan sejak bertahun-tahun yang lalu.

Penetapan Hari Pohon Sedunia ini ini diketahui dirayakan untuk menghormati jasa aktivis lingkungan bernama Julius Sterling Morton dari Amerika Serikat yang begitu gigih mengampanyekan gerakan menanam pohon dan konservasi alam.

Kemudian pada tanggal 10 April 1872, Julius Sterling Morton mengusulkan untuk menyisihkan satu hari untuk menanam pohon di Rapat Dewan Nebraska, Amerika Serikat dan kemudian disepakatilah penetapan Hari Pohon Sedunia yang diperingati setiap 21 November.

Perayaan Hari Pohon Sedunia pertama kali diselenggarakan di Spanyol. Pada saat memperingatinya, banyak pihak melakukan gerakan penanaman pohon. Dunia menyebutnya sebagai Arbor Day. Arbor diambil dari bahasa latin yang berarti pohon.

Kampanye Hari Pohon Sedunia ini kemudian dibawa oleh utusan-utusan AS ke berbagai benua.

Peringatan ini menjadi perayaan populer di Australia, Kanada, Eropa, hingga Asia. Pemerintah Indonesia kemudian mulai mengadopsi perayaan ini sejak 2012 yang dimulai dengan program Gerakan Satu Miliar Pohon,

Selain itu, peringatan Hari Pohon Sedunia juga lazim diselenggarakan di lingkungan pendidikan, mengarahkan para pelajar untuk menanam pohon. Ada juga seminar konservasi lingkungan, hingga kritik kepada pemerintah untuk lebih peduli dengan lingkungan di Indonesia.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Kebakaran Landa Sukabumi Selatan Kebon Jeruk, Ratusan Petugas Damkar Dikerahkan

Terjadi kebakaran di Jalan Arsirad RT 09/RW 03, Kelurahan Sukabumi Selatan, Kebon Jeruk, Jakarta Barat. Ratusan petugas pemadam kebakaran (damkar) pun dikerahkan ke lokasi kejadian.

Hari Kebebasan Sedunia : Momentum Runtuhnya Komunisme di Eropa Timur

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Hari Kebebasan Dunia yang selalu diperingati...

Kebakaran Hebat di Dekat Rusun RPTRA Albo Lestari Cakung, 120 Personel Damkar Dikerahkan

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Kebakaran hebat kembali terjadi di kawasan...
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru