HOLOPIS.COM, SERANG – Sejumlah nama tokoh potensial menjadi capres-cawapres muncul dalam gelaran Musyawarah Rakyat (Musra) Indonesia ke-VII yang digelar di Gedung Plaza Aspirasi KP3B, Serang, Banten, hari ini.

Dalam Musra yang dihadiri oleh ribuan massa itu, nama Menteri Koordinator Poitik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Prof Mohammad Mahfud MD menjadi salah satu sosok potensial yang layak diperhitungkan di ajang kontestasi politik Pilpres 2024 mendatang.

Selain Mahfud, ada juga nama-nama lain seperti Ganjar Pranowo, Anies Baswedan, Airlangga Hartarto, Mahfud MD, Sandiaga Uno, Moeldoko, dan banyak lagi lainnya.

Dalam musra tersebut, para perwakilan kelompok relawan yang hadir saling mengungkapkan keunggulan dari jagoannya masing-masing.

Salah satunya, simpatisan dan pengagum Mahfud MD, Hanif Maulana. Dia dan rekan mahasiswa lainnya datang untuk menyuarakan keinginan pemuda dan mahasiswa akan sosok kepemimpinan nasional.

Hanif mengungkapkan, bahwa Indonesia sejatinya membutuhkan sosok pemimpin yang berani dan mampu mendobrak kebuntuan hukum dan penegak keadilan, seperti Mahfud MD.

Dalam hal ini, track record Mahfud MD tak bisa diragukan lagi. Pasalnya, ia pernah menduduki berbagai posisi strategis, mulai dari Menteri Pertahanan, Ketua Mahkamah Konstitusi (MK), hingga Menko Polhukam.

Pria yang merupakan mahasiswa Untirta Banten itu mengatakan, bahwa selama menjabat, Mahfud telah menelurkan berbagai kebijakan dan dobrakan kebuntuan terkait persoalan hukum di Tanah Air.

“Di masa pemerintahan Pak Jokowi, beliau juga melakukan dobrakan, mengawal penuntasan kasus dari BLBI, Sambo, Kanjuruhan, kasus korupsi dan kasus hukum lain,” tutur Hanif dalam keterangan pers yang dikutip Holopis.com, Minggu (20/11).

Sementara itu, Ketua Dewan Pengarah Musra Indonesia, Andi Gani Nena Wea secara khusus mengomentari masuknya nama Mahfud MD yang dalam beberapa Forum Musra terkahir selalu masuk dalam radar capres maupun cawapres.

“Di Makassar sebelum ini, Pak Mahfud masuk lima besar baik capres dan cawapres. Tadi saya lihat, banyak juga simpatisan mahasiswa dan pemuda pengagum Pak Mahfud. Semoga hasilnya sama seperti Makassar,” harapnya

Dikatakan, memang salah satu kebutuhan dan keinginan rakyat, adalah munculnya sosok pemimpin yang konsen terhadap penegakan keadilan dan hukum. Selama ini, rekam jejak Mahfud memang tak diragukan dalam isu ini.

Lebih lanjut, Andi Gani menuturkan bahwa puncak Musra akan dihadiri Presiden Jokowi pada Januari 2023. Nantinya, akan ada lima nama rekomendasi untuk capres-cawapres yang akan diserahkan kepada Jokowi.

“Selama hampir Musra ketujuh ini, tiga besar capres Ganjar, Anies, Prabowo. Tiga besar cawapresnya, Sandiaga, dan Pak Mahfud. Kita tunggu sampai puncak Musra nanti,” tutur Andi Gani.