HOLOPIS.COM, BANGKOK – Sejumlah agenda kenegaraan termasuk pertemuan bilateral akan dilakoni Presiden Jokowi selama menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) APEC 2022 di Bangkok.

Dari siaran pers yang dikeluarkan Sekertaris Kabinet, Jokowi direncanakan akan melakukan pertemuan bilateral dengan Perdana Menteri (PM) Selandia Baru Jacinda Ardern.

“Selepas itu, Presiden Joko Widodo dijadwalkan untuk menghadiri Pertemuan Para Pemimpin Ekonomi APEC (AELM) Ke-29 yang digelar dalam format retreat di Queen Sirikit National Convention Center, Bangkok,” tulis keterangan pers seperti dikutip Holopis.com, Jumat (18/11).

Masih dalam rangkaian KTT APEC, Jokowi kemudian dijadwalkan menghadiri sesi Dialog Informal Pemimpin APEC dengan Undangan. Sejumlah pemimpin ekonomi di luar APEC yang diundang antara lain Presiden Prancis Emmanuel Macron, PM Kamboja Hun Sen, dan Putra Mahkota Arab Saudi Mohammed bin Salman.

Jokowi kemudian rencananya juga akan melakukan pertemuan bilateral dengan Chief Executive Hong Kong John Lee sebelum dilanjutkan dengan sesi Makan Siang Pemimpin APEC bersama Undangan.

Pertemuan bilateral lainnya yang akan dilakukan Jokowi kemudian adalah melakukan pertemuan bilateral dengan Putra Mahkota Arab Saudi, Mohammed bin Salman. Presiden kemudian akan menghadiri sesi Dialog Pemimpin APEC dengan ABAC (Dewan Penasihat Bisnis APEC) dan dilanjutkan dengan mengunjungi Bio-Circular-Green (BCG) Exhibition pada sore harinya.

Sebelum kembali ke Tanah Air, Jokowi rencananya juga akan melakukan audiensi dengan Raja Thailand di Chakri Maha Prasat Throne Hall.