HOLOPIS.COM, JAKARTA – Dalam pertandingan bulu tangkis, tentunya Sobat Holopis sering melihat atlet melakukan smash kepada lawan untuk merebut satu poin. Smash adalah salah satu teknik pukulan yang sangat mematikan dalam bulu tangkis dan umum dilakukan.

Teknik Smash biasa digunakan untuk menekan lawan yang dalam posisi sulit dalam pertandingan.

Kunci dari penggunaan teknik ini ialah pemain harus memberikan tenaga kuat dan dorongan pada shuttlecock agar bisa melaju dengan cepat dan tepat sehingga sulit dikembalikan lawan.

Dalam pertandingan resmi BWF (Badminton World Federation) tercatat beberapa atlet bulu tangkis dunia yang telah memecahkan rekor smash tercepat, dua atlet tersebut berasal dari Indonesia.

Berikut atlet bulu tangkis dengan smash tercepat versi BWF yang telah dirangkum Holopis.com, Senin (14/11).

Viktor Axelsen (404 km/jam)

Viktor Axelsen
Viktor Axelsen Dalam Melakukan Smash. [Foto: Istimewa]
Pemain peringkat satu dunia ini, tentunya perkara skill sudah tidak diragukan lagi. Dalam sepanjang tahun 2022, Axelsen telah mengunci berbagai gelar bergengsi di skala super series, yakni juara All England Open 2022 hingga French Open 2022.

Tunggal putra nomor 1 Denmark itu, mampu menunjukkan performa yang gemilang dengan tampil konsisten di setiap kejuaraan. Dengan postur tubuhnya yang tinggi dan besar, Viktor Axelsen kerap kali melesatkan smash kencang dan terarah.

Tercatat ia pernah melesatkan pukulan smash dengan kecepatan 404 km/jam di ajang Jepang Open 2015, atas catatan tersebut menjadi Axelsen sebagai salah satu atlet dengan pukulan smash tercepat di dunia.

Jan O Jorgensen (407 km/jam)

Jan O Jorgensen
Jan O Jorgensen, Tunggal Putra Denmark. [Foto: BWF]
Salah seorang legenda Bulu Tangkis Denmark yakni Jan O Jorgensen juga mencatatkan namanya dalam daftar atlet bulu tangkis dengan smash tercepat di dunia. Dimana ia berhasil menciptakan pukulan smash dengan kecepatan mencapai 407 km/jam, saat berhadapan dengan Lee Chong Wei di Malaysia Open 2016.

Lee Chong Wei (408 km/jam)

Lee Chong Wei pemain legenda asal Malaysia ini juga mencatatkan namanya dalam daftar teratas atlet bulu tangkis dunia dengan pukulan smash tercepat. Ia juga mampu pecahkan rekor smash tercepat saat tampil di Hong Kong Open 2015 dengan kecepatan pukulan smash mencapai 408 km/jam.

Daniel Marthin (415 km/jam)

Daniel Marthin
Daniel Marthin, Pemain Ganda Putra Indonesia. [Foto: Istimewa]
Pemain ganda putra Indonesia, Daniel Marthin, telah memecahkan rekor Lee Chong Wei, setelah ia berhasil mencatatkan namanya sebagai atlet dengan pukulan smash tercepat di dunia.

Dimana hal tersebut terjadi saat pasangan Daniel/Leo berhadapan dengan senior mereka, Marcus/Kevin, di Final Hylo Open 2021. Daniel mampu melesatkan smash kencang dan terarah dengan kecepatan 415 km/jam.

Anthony Sinisuka Ginting (417 km/jam)

Tunggal Putra Indonesia, Anthony Sinisuka Ginting, telah mencatatkan namanya dan memecahkan rekor smash tercepat di dunia yang sebelumnya dipegang oleh pemain ganda putra Indonesia Daniel Martin.

Ginting berhasil memecahkan rekor smash tercepat saat ia berhasil memenangi lagi di babak perempat final Singapore Open 2022, saat melawan Ng Tze Yong asal Malaysia. Ginting berhasil melakukan smash dengan kecepatan sangat tinggi 417 km/jam yang sulit dikembalikan oleh lawannya.