HOLOPIS.COM, BALI – Presiden Jokowi mengklaim, posisi ASEAN di masa kepemimpinannya nanti akan menjadi episentrum pertumbuhan dunia.

Hal tersebut disampaikan Jokowi saat tiba di Bali usai menghadiri serangkaian kegiatan KTT serta serah terima Keketuaan ASEAN DI Kamboja.

“Saat menerima keketuaan ASEAN, saya menekankan bahwa ASEAN harus semakin kuat sebagai episentrum pertumbuhan dunia,” kata Jokowi dalam keterangannya yang dikutip Holopis.com, Minggu (13/11).

Selain itu, di masa kepemimpinannya nanti, Jokowi berharap ASEAN tetap menjadi kawasan damai serta menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan dan demokrasi.

“Menjaga hukum internasional dan tidak menjadi proxy siapapun. Kerjasama ekonomi harus diperkuat agar ASEAN semakin makmur dan maju,” tegasnya.

Indonesia sebelumnya secara resmi telah menjadi Ketua ASEAN untuk tahun 2023 setelah melakukan serah terima estafet kekuasaan dari negara Kamboja.

Dalam upacara penutupan KTT Ke-40 dan Ke-41 serta KTT Terkait lainnya, Jokowi menerima palu dari Perdana Menteri Kamboja Hun Sen sebagai simbolis Indonesia telah menjadi Ketua ASEAN.