Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024

PM Kamboja Serukan Persatuan di Tengah Ketegangan Global

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Perdana Menteri (PM) Kamboja, Hun Sen menyerukan persatuan di tengah-tengah ketegangan global, pada Minggu (13/11) di KTT ASEAN.

Pernyataan itu muncul ketika ketegangan regional tetap tinggi antara Amerika Serikat dan China atas aspirasi regional Taiwan dan Beijing yang sampai saat ini terus terjadi, dan invasi Rusia ke Ukraina yang nampak telah mengganggu rantai pasokan global, dimana terjadi kenaikan harga energi saat ini.

Tanpa menyebut nama negara mana pun, PM Hun Sen berharap para pemimpin saling merangkul semangat kebersamaan dalam menegakkan multilateralisme, Pragmatisme, dan saling menghormati yang terbuka dan inklusif dalam mengatasi tantangan eksistensial dan strategis yang kita semua hadapi.

“Banyak tantangan dan ketegangan saat ini telah menghalangi upaya keras kami di masa lalu untuk mempromosikan pembangunan berkelanjutan dan menyebabkan kesulitan yang lebih besar bagi kehidupan masyarakat,” katanya, seperti dikutip Holopis.com dari AP News, Minggu (13/11).

Diketahui, KTT ASEAN di Kamboja merupakan salah satu agenda sebelum memasuki KTT G-20 di Bali, Indonesia. Turut hadir juga Presiden Joko Widodo, dan para pemimpin Asia Tenggara lainnya.

Kemudian, untuk di G-20 Bali itu sendiri, pertemuan antara Presiden AS, Joe Biden dengan Presiden China, Xi Jinping merupakan pertemuan yang paling dinanti.

Di sisi lain, Presiden Rusia, Vladimir Putin absen menghadiri G-20 Indonesia dan akan diwakili Menteri Luar Negeri Rusia, Sergey Lavrov.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Puluhan Orang Tewas Akibat Pager-Walkie Talkie Meledak di Lebanon

Sebanyak 20 orang meninggal dunia dan 450 lainnya luka-luka karena ledakan perangkat komunikasi atau pager-walkie talkie di Lebanon.

Yoshihiro Hidaka Ditikam Anaknya Sendiri

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Direktur utama Yamaha Motor Company, Yoshihiro...

Perundingan Peningkatan ATIGA Capai Kemajuan Signifikan

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Perundingan  peningkatan Persetujuan Perdagangan Barang ASEAN...
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru