HOLOPIS.COM, JAKARTA – Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa Bangsa (Sekjen PBB), Antonio Guterres menyatakan mendukung penuh atas penyelenggaraan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 Presidensi di Bali pada pertengahan bulan November ini.

Dia menyampaikan hal itu dalam pertemuan bilateral dengan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto di New York, Amerika Serikat (AS) pada 26 Oktober lalu.

“Kami mendukung penuh dan bersedia menyuarakan kepentingan Presidensi G20 Indonesia, untuk keberhasilan penyelenggaraan KTT di Bali,” kata Guterres seperti dikutip Holopis.com.

Dia menyampaikan rasa simpati dan keprihatinan atas berbagai tantangan global yang terjadi pada masa kepemimpinan Indonesia dalam G20, yang dimana berlangsung dalam instabilitas geopolitik dunia, krisis multidimensi, dan proses pemulihan pasca pandemi COVID-19.

Dalam kesempatan itu, Guterres menyampaikan perkembangan di berbagai sektor mencakup keuangan, perubahan klim, emerging economies dan transisi energi, yang di mana Indonesia juga terlibat di dalamnya.

Pihaknya meminta dukungan Indonesia dan negara berkembang besar lainnya seperti Brasil, India, dan Afrika Selatan untuk mengambil langkah-langkah strategis dalam mengatasi dampak climate change.

Bahkan, dukungan PBB tersebut disambut hangat secara langsung oleh Presiden RI Ir Joko Widodo. Pasalnya, kepada Guterres dalam KTT ASEAN di Kamboja, ia menyampaikan ucapan terima kasih.

“Saya juga ingin menyampaikan terima kasih atas kesediaan Yang Mulia untuk sampaikan pandangan di sesi Ketahanan Energi dan Pangan,” kata Jokowi hari ini.