Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024

Jokowi Bicara Ancaman Krisis di Hadapan China Dkk

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) berbicara soal ancaman krisis global saat menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN Plus Three (APT) ke-25 yang berlangsung di Phnom Penh, Kamboja, pada hari ini, Sabtu (12/11).

Dalam kesempatan itu, ia mengajak para pemimpin negara di kawasan ASEAN, beserta tiga negara mitra yakni China, Jepang, Korea Selatan untuk bersama-sama menghadapi ancaman krisis tersebut.

Menurutnya, krisis keuangan yang terjadi pada tahun 2008 silam menjadi bukti, bahwa solidaritas dan kerja sama yang terjalin antara negara ASEAN dan tiga negara mitra menjadi kunci untuk keluar dari krisis tersebut.

“Sekarang kita kembali diuji dengan krisis global yang lebih dahsyat. Saya sangat percaya dengan spirit yang sama kita mampu menghadapi krisis saat ini,” kata Jokowi dalam keterangan tertulisnya yang dikutip Holopis.com, Sabtu (12/11).

Dalam kesempatan yang sama, Jokowi juga menyebut setidaknya tiga isu yang menjadi fokus bagi APT, yakni krisis pangan, resesi ekonomi, serta stabilitas, keamanan, dan perdamaian kawasan.

“Pertama, krisis pangan harus dihindari, mekanisme ketahanan pangan kawasan harus diperkuat, dan cadangan beras darurat APT harus ditingkatkan,” katanya.

Jokowi menyebut, teknologi produksi beras berkelanjutan sangat diperlukan dan kapasitas produksi juga harus diintegrasikan dengan sistem logistik anggota APT demi amankan rantai pasok dan stabilkan harga beras.

Kemudian yang kedua yakni isu terkait resesi ekonomi kawasan yang juga harus menjadi fokus APT. Jokowi menuturkan, bahwa stabilisasi keuangan perlu untuk dilakukan.

“Sinergi berbagai perangkat finansial APT harus dijalankan khususnya Chiang Mai Initiative Multilateralisation. Ketika ada ancaman krisis finansial, sinergi ini memungkinkan kita untuk peroleh early warning dan dukungan likuiditas,” ujarnya.

Lebih lanjut, Jokowi juga menekankan pentingnya penguatan infrastruktur keuangan nasional melalui koordinasi erat antar lembaga keuangan dan bank sentral, peningkatan mobilisasi domestic resources, dan kecermatan menjaga inflasi.

“Ketiga, stabilitas, keamanan dan perdamaian kawasan mutlak diperlukan. Kompetisi harus dikelola dengan baik sehingga tidak berubah menjadi konflik, dan hukum internasional harus selalu dihormati,” tutur Jokowi.

Presiden Jokowi meyakini, apabila APT mampu melakukan semua hal tersebut, maka kawasan akan terus menjadi epicentrum of growth.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Puluhan Orang Tewas Akibat Pager-Walkie Talkie Meledak di Lebanon

Sebanyak 20 orang meninggal dunia dan 450 lainnya luka-luka karena ledakan perangkat komunikasi atau pager-walkie talkie di Lebanon.

Yoshihiro Hidaka Ditikam Anaknya Sendiri

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Direktur utama Yamaha Motor Company, Yoshihiro...

Perundingan Peningkatan ATIGA Capai Kemajuan Signifikan

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Perundingan  peningkatan Persetujuan Perdagangan Barang ASEAN...
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru